1 Maret Nanti, Google Akan Menarik Google Now Launcher dari Play Store
Google Now Launcher /foto: istimewa

1 Maret Nanti, Google Akan Menarik Google Now Launcher dari Play Store

Sabtu, 4 Feb 2017 | 23:28 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Kabar duka datang dari Launcher terpopuler milik Google. Paling lambat pada 1 Maret, tidak akan ada lagi smartphone dengan rasa “asli” Android, sebab Google sudah memutuskan untuk menarik Google Now Launcher dari Play Store.

Tentu ini kabar yang kurang menyenangkan bagi yang setia kepada Android. Beberapa smartphone dibekali tampilan sesuai kehendak vendor, memang itulah Android yang bisa di-costumize sesuka hati.

Tetapi tentunya manusia berbeda-beda, kadang cocok, kadang merasa kurang nyaman, terlalu kaku, dsb. Google Now Launcher adalah solusi termudah untuk beranda yang cepat, nyaman, ringan dan responsif untuk mendukung pekerjaan.

Aplikasi Launcher terfavorit yang sudah didownload lebih dari 50 juta kali ini kemungkinan dibatasi pada smartphone lain sebab akan menampilkan kesan yang hampir mirip dengan ponsel Pixel milik Google. Walaupun ponsel Pixel mempunyai launcher tersendiri bernama Pixel Launcher yang hampir mirip Google Now Launcher.

Nantinya Google Now tetap bisa terintegrasi dengan launcher milik vendor dengan Search Launcher Services library. Google Now Launcher yang langsung terinstall di smarphone baru tidak akan diizinkan oleh Google. Praktis, ini semacam langkah supaya kesan tampilan dari smartphone Pixel menjadi eksklusif.

Walaupun begitu, smartphone yang sudah terinstall Google Now Launcher masih bisa terus menggunakannya. Google tetap akan memperbarui update di Google Search App saja. Tetapi Google Now Launcher sudah tidak akan tampil lagi di Play Store. Sedihnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...