10 Alasan untuk Tinggalkan Facebook Sekarang Juga

10 Alasan untuk Tinggalkan Facebook Sekarang Juga

WinNetNews.com - Siapa tidak tahu Facebook. Media sosial terbesar di dunia ini bahkan sudah memiliki miliaran pengguna di seluruh dunia. Akan tetapi, apakah Anda yakin bahwa Facebook adalah media yang cocok sebagai tempat kamu mencurahkan isi hati ataupun mencari informasi?

Dilansir dari  Techviral, berikut 10 alasan bagi Anda untuk berhenti menggunakan Facebook.

1. Facebook memanfaatkan informasi pribadi penggunanya

Sadar maupun tidak, Facebook sebenarnya memanfaatkan aktivitas dan informasi kamu sebagai acuan terhadap iklan yang ditampilkan lho. Mereka merekam setiap hasil pencarian yang kamu cari dan di kemudian hari menyuguhkan iklan yang relevan dengan apa yang pernah kamu cari sebelumnya.

Langkah ini mungkin bagus untuk meningkatkan pengalaman dalam berselancar, namun dengan memanfaatkan data pribadi tersebut tidak menutup kemungkinan dalam penyalahgunaan di kemudian hari?

2. Facebook tetap menyimpan data pribadi pengguna di server meskipun sudah dihapus

Facebook ternyata akan tetap menyimpan segala hal yang ada di profil kamu meskipun telah kamu hapus. Jangankan itu, mereka juga akan tetap mempertahankan segala halnya selama 1 minggu bahkan setelah kamu menghapus keseluruhan profil pribadi kamu di sana.

3. Facebook menciptakan ketagihan

Fenomena anak muda yang tidak dapat terlepas dari gadget mereka kemanapun mereka pergi, memang menjadi permasalah serius di era modern. Facebook juga menjadi salah satu penyebab munculnya generasi merunduk itu.

4. Facebook meningkatkan depresi dan kepercayaan diri semu

Orang yang tidak menggunakan media sosial justru memiliki tingkat stress yang lebih kecil. Semua itu terjadi karena orang yang menggunakan media sosial cenderung membanding-bandingkan kebahagian orang lain dengan dirinya.

Jika ia melihat posting -an foto orang yang sedang liburan, maka ia kemungkinan akan membandingkannya dengan kehidupan sehari-hari yang lebih membosankan dan kurang membahagiakan.

5. Facebook menjadi sarana stalking orang-orang tidak bertanggung jawab

Sering terdengar kasus remaja yang diculik oleh orang yang baru dikenalnya di Facebook. Bukan hanya diculik, ada yang diperkosa bahkan diperdagangkan. Inilah justru yang seharusnya menjadi perhatian serius dari seluruh pihak, mulai dari pengelola hingga pengguna Facebook sendiri.

Semakin hari, Facebook menjadi tempat yang kurang aman karena memudahkan orang-orang gila dan tidak bertanggung jawab untuk menguntit ke profil orang lain.

 

6. Facebook membahayakan akun luar yang dikaitkan dengannya

Kini login ke sebuah website atau game menggunakan akun Facebook bukanlah hal yang aneh lagi. Namun semakin banyak akun yang kamu kaitkan dengan Facebook, maka profil pribadi kamu juga akan semakin rentan.

Mengingat kini pintu peretasan semakin luas dan melalui berbagai cara. Salah satu pintunya ya lewat koneksi dari akun luar tersebut. Waspadalah!

7. Facebook sudah mulai ditinggal penggunanya

Sepertinya banyak orang akan setuju bahwa Facebook kini mulai ditinggal pengguna mudanya. Media sosial tersebut kini sudah mengalami pergeseran demografi pengguna, dari yang dulunya digunakan oleh anak muda, kini justru dipenuhi oleh orang dewasa hingga orang tua.

8. Sensor dimana-mana

Kebebasan dalam berpendapat dan mengutarakan apa yang ingin disampaikan memang penting. Namun Facebook semakin ketat dalam membatasi hal tersebut. Salah satunya adalah mereka mulai mengimplementasikan algoritma pengenal gambar.

Ketika kamu mengunggah sebuah gambar dan ternyata di dalamnya mengandung unsur kulit yang banyak, maka gambar tersebut kemungkinan akan diturunkan, dengan asumsi bahwa gambar tersebut mengandung foto vulgar. Selain hal tersebut, masih banyak lagi aksi penyensoran yang dilakukan oleh Facebook.

9. Iklan dimana-mana

Sepertinya seluruh pengguna Facebook sadar bahwa Facebook yang dulu bukanlah yang sekarang. Kini media sosial berwarna biru tersebut mulai dipenuhi dengan iklan. Tidak hanya di kolom khusus iklan di bagian pinggir, kini mereka sudah merambah tengah-tengah News Feed, dan di titik-titik tidak terduga lainnya.

10. Kilang uang untuk developer game, pemilik iklan, dan artis

Tahukah kamu bahwa memasuki tahun 2015 ini, Facebook terus melebarkan sayapnya dalam hal monetisasi. Jika dulu user mengeluarkan uang untuk memainkan game yang ada di sana, maka kini mereka juga berkesempatan untuk mengeluarkan uang dalam mengirim pesan ke artis, meningkatkan reach post lebih baik lagi melalui boosting, dan lainnya. Fitur-fitur tersebut memang sudah lama ada, namun kini semakin diperkuat.

Kami tidak bilang bahwa kamu mutlak harus meninggalkan dunia media sosial, terutama Facebook, dan terasing dari internet. Namun bukan berarti kamu harus ketergantungan terhadapnya. Masih banyak tempat-tempat indah yang bisa dieksplor di luar sana, dan menunggu untuk kamu sentuh secara langsung. Jadi, gunakan media sosial secara bijak ya.

(sumber: Techviral, dilansir dan dibenahi dari jalantikus)