(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

10 Alumni HMI Ini Sukses di Dunia Perpolitikan

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

10 Alumni HMI Ini Sukses di Dunia Perpolitikan
WinNetNews.com - Masih ingat tentang kasus Saut yang menghina HMI kemarin? Hingga HMI berdemo didepan gedung KPK meminta Saut untuk meminta maaf pada HMI. Nah untuk kamu yang penasaran siapa saja sih anggota HMI yang terjun ke dunia politik, berikut orang-orang alumni HMI yang pasti sudah familiar di mata kamu. HMI adalah organisasi pergerakan mahasiswa tertua di Indonesia.

Dikutip dari Brilio, berikut alumni HMI Yang terjun ke dunia politik, Jumat (13/5):

1. Jusuf Kalla

image0

Wakil Presiden Jusuf Kalla adalah salah satu alumni HMI yang sukses di dunia perpolitikan Indonesia. Mantan ketua HMI Makassar ini sudah pernah menjabat berbagai jabatan tinggi seperti menteri hingga dua kali jadi Wakil Presiden.

2. Akbar Tandjung

image1

Politisi senior ini pernah menjadi ketua PB HMI periode 1971-1974 saat masih kuliah di Universitas Indonesia. Dirinya juga beberapa kali menjabat sebagai menteri di era Kepemimpinan Presiden Suharto.

3. Abdullah Hehamahua

image2

Abdullah Hehamahua pernah menjadi Guru SMA Kristen Makassar (1970-1974). Mantan ketua Komite Etik KPK yang punya penampilan khas ini pernah menjadi Ketua PB HMI tahun 1978-1981.

4. Mahfud MD

image3

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi yang juga Guru Besar Hukum Tata Negara di Universitas Islam Indonesia ini aktif di HMI sejak tahun 1978. Kini dirinya didapuk menjadi Ketua Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) sejak 2012 lalu.

5. Anas Urbaningrum

image4

Pria yang pernah geger dengan sumpahnya "gantung di Monas" ini pernah menjadi anggota KPU pada 2004. Dirinya juga ditarik masuk Partai Demokrat dan terpilih menjadi anggota DPR RI tahu 2009 lalu. Karirnya menanjak dan sukses menjadi ketua umum Partai Demokrat pada 2010. Ia adalah mantan ketua PB HMI tahun 1997.

6. Zulkifli Hasan

image5

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini adalah salah satu alumni HMI. Pernah menjadi Menteri Kehutanan pada masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

7. Husni Kamil Manik

image6

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) sejak tahun 2012 ini adalah anggota HMI saat berkuliah di Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat.

8. Ade Komaruddin

image7

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) ini adalah mantan ketua HMI Cabang Ciputat saat kuliah di IAIN Syarif Hidayatullah. Karier politiknya dimulai saat terpilih jadi anggota DPR RI dari Partai Golkar.

9. Anies Baswedan

image8

Semasa kuliah di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Anies yang sekarang menjadi Menteri Pendidikan dan kebudayaan adalah anggota HMI yang tergabung dalam Majelis Penyelamat Organisasi (MPO).

10. Irman Gusman

image9

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia tiga periode (2004-2009, 2009-2014, 2014-2019) adalah anggota HMI Cabang Jakarta pada tahun 1981

 

jadi, mereka semua adalah alumni HMI yang sukses di dunia perpolitikan. pasti kalian pernah melihat mereka kan?

Sumber Brilio

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});