10 Bahan Mudah Dicari Yang Ampuh Usir Jerawat, Saran Dermatolog

Sofia
Sofia

10 Bahan Mudah Dicari Yang Ampuh Usir Jerawat, Saran Dermatolog Sumber: ivalia.com

Winnetnews.com - Jerawat memang jadi permasalahan utama bagi orang-orang yang tinggal di daerah tropis. Tidak hanya di Indonesia, seperti dilansir Medical Daily, 85% dari populasi dunia mengalami masalah jerawat. Mengusir jerawat itu susah-susah gampang. Perawatan kulit berjerawat memang butuh kesabaran ekstra. Apalagi kalau kamu tidak mampu ke dokter mahal-mahal demi usir jerawat bandel di wajahmu.

Artikel ini punya solusi buat kamu yang ingin kulit wajah bersih dari jerawat dengan bahan yang mudah dicari menurut saran dari dermatolog.

  1. Aspirin




    Aspirin mengandung salicylic acid, bahan aktif yang biasa kita temukan pada produk khusus atasi jerawat. Dikutip dari laman Health, Debra Jaliman, dermatolog dari New York City menyarankan untuk menumbuk pil aspirin dan tambahkan sedikit air sampai jadi pasta. Kemudian oleskan pasta aspirin tersebut langsung pada bagian kulit yang berjerawat dengan cotton bud selama 10 menit.
     
  2. Putih Telur




    Jessica Krant, dermatolog dari SUNY Downstate Medical Center mengatakan putih telur mengandung protein dan vitamin yang mampu mengencangkan dan mengurangi minyak di wajah. Mengoleskan putih telur pada area jerawat selama 10 menit dapat membantu membuka pori-pori dan mengurangi peradangan pada kulit.
     
  3. Kulit Pisang dan Jeruk




    Dermatolog Jaliman dan Krant menyarankan untuk menggosokkan kulit pisang atau bisa juga kulit jeruk pada kulit yang berjerawat selama 5-10 menit untuk memperbaiki tampilan wajah secara keseluruhan. Kulit jeruk juga mengandung vitamin C yang berfungsi untuk regenerasi kulit.
     
  4. Lidah Buaya




    Dikutip dari Reader's Digest, lidah buaya memiliki sifat meredakan luka bakar sehingga proses penyembuhan lebih cepat, melawan infeksi dan mengurangi acne scar. Cukup oleskan gel dari tanaman ini pada area yang terkena jerawat.
     
  5. Jus Lemon




    Jaliman mengatakan jus lemon mengandung asam sitrat dan asam L-askorbat yang berfungsi sebagai zat astringen dan antioksidan alami. Untuk mengurangi jerawat, gunakan bola kapas untuk mengoleskan jus lemon pada jerawat. Untuk efek yang lebih baik biarkan semalaman sebelum dibilas.
     
  6. Bawang Putih




    "Sifat antiseptik ringan dan antibakteri yang dimiliki bawang putih, dapat membantu ketika dioleskan, dan bawang putih dalam makanan sangat sehat, dengan sifat anti-kanker dan anti-pembekuan darah," kata Krant. Jaliman menambahkan bahwa bawang putih yang dihancurkan juga memberikan senyawa antibakteri, yang disebut allicin, ke kulit.
     
  7. Madu




    Para ahli kulit menyarankan untuk menggunakan madu Manuka organik daripada madu biasa. “Madu Manuka telah terbukti membantu penyembuhan luka dengan sifat antiseptik dan anti-inflamasinya,” kata Krant. "Madu biasa dapat membantu, tetapi tidak terbukti secara medis." Biarkan madu selama lima menit pada kulit dan gunakan air hangat untuk membilas.
     
  8. Kentang




    Kentang dikenal memiliki anti-inflamasi dan antiseptik dan mengandung niasin, yang dapat membantu meringankan bekas jerawat. Oleskan kentang putih parut pada kulit seperti masker dan pijat daerah yang terkena jerawat selama dua menit.
     
  9. Daun Mint




    Menurut laman Nurse Buff, daun mint dapat membantu mengobati jerawat karena asam salisilatnya yang tinggi, yang membantu melonggarkan sel-sel kulit mati untuk membuatnya lebih mudah dihilangkan. Daun mint juga memiliki vitamin A dan C dan asam lemak omega-3, serta antioksidan, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Oleskan daun mint yang ditumbuk dengan madu di area berjerawat selama sekitar 20 menit dan gunakan air hangat untuk membilas.
     
  10. Es




    Es adalah yang paling mudah ditemukan dan digunakan di antara pengobatan rumah lainnya untuk jerawat. Es hanya mengurangi peradangan pada jerawat. "Bungkus es batu dengan kain cuci dan pegang pada jerawat sebentar," kata Jaliman. "Ini akan menurunkan kemerahan dan pembengkakan."

Apa Reaksi Kamu?