(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

10 Cara Mengetahui Berita Hoax di Facebook

Cindy
Cindy

10 Cara Mengetahui Berita Hoax di Facebook Foto:Ilustrasi

Winnetnews.com - Di jaman seperti sekarang ini, berita hoax itu mudah sekali tersebar. Berita hoax itu dapat membuat semua orang keliru. Berita hoax biasa tersebar di media sosial salah satunya Facebook. Agar tidak terjebak berita hoax kita harus bisa memilah milih berita.


Dikutip dari berbagai sumber yang ada, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa membantu kita agar terhindar dari berita hoax khususnya di media sosial seperti Facebook.

  1. Cari tahu lebih dalam sumber berita




    Pastikan berita yang kamu baca berasal dari sumber terpercaya, jika situs tersebut kurang familiar, coba cek bagian profil dari situs tersebut dan telusuri lebih dalam.

  2. Amati tautan




    Sebuah tautan yang memiliki nama menyerupai sumber-sumber berita populer merupakan sebuah pertanda bahwa hal itu hoax. Banyak situs berita bohong yang menyerupai sumber-sumber asli dengan mengubah sedikit tautan mereka. Kamu dapat membandingkan mereka dengan situs yang ditirunya.

  3. Selalu berfikir kritis terhadap judul berita




    Hoax sering kali menggunakan kata-kata yang catchy, bahkan berirama dengan huruf kapital dan tanda seru (!). Jika klaim mengejutkan ditaruh di judul bahkan terkesan tidak kredibel, maka kemungkinan besar berita tersebut hoax.

  4. Format yang aneh




    Berbagai situs berita bohong memiliki salah pengetikan atau desain laman yang aneh. Baca secara seksama jika kalian ingin melihat tanda-tanda ini.

  5. Perhatikan fotonya




    Berita bohong sering kali menggunakan foto atau video yang telah dimanipulasi. Terkadang, foto yang mereka gunakan asli, tapi keluar dari konteks. Kalian bisa menelusuri foto atau gambar tersebut untuk mengetahui kebenarannya.

  6. Perhatikan tanggal




    Berita bohong terkadang memberikan hal yang tidak masuk akal atau mengubah tanggal informasi mereka.

  7. Memeriksa bukti




    Kamu harus melihat ke kolom penulis untuk memastikan akurasi mereka. Identitas samaran bahkan tanpa nama merupakan indikasi berita bohong.

  8. Beberapa berita sengaja dibuat untuk menipu.




    Cobalah kritis tentang apa yang kalian baca dan hanya bagikan berita-berita yang kalian tahu bisa dipercaya.

  9. Lihat laporan lain




    Jika ada situs berita lain yang melaporkan hal sama, itu bisa jadi sebuah kebohongan. Tapi, jika berita serupa dilaporkan oleh beberapa media outlet yang kalian percaya, maka kemungkinan besar berita tersebut benar.

  10. Apakah berita itu lelucon?




    Terkadang berita bohong sangat sulit untuk dibedakan dengan humor. Periksalah apa sumber yang kalian baca diketahui sebagai situs parodi, dan bagaimana nada pemberitaan yang mereka berikan. Mungkin semua hanyalah lelucon.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});