(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

10 Hektar Padang Rumput Gili Lawa di Pulau Komodo Terbakar

Cindy
Cindy

10 Hektar Padang Rumput Gili Lawa di Pulau Komodo Terbakar Foto:Istimewa

WinNetNews.com- Salah satu tempat wisata favorit di Taman Nasional Komodo, NTT mengalami kebakaran pada Rabu 1/8/2018. Kurniawan, salah seorang guide di Labuan Bajo, NTT melihat kebakaran di Gili Lawa. Katanya, gemuruh apinya begitu kencang. 

Kurniawan saat itu sedang membawa turis asal Australia dan bermalam di kapal yang bersandar di dekat Gili Lawa. Dia melanjutkan cerita, penampakan apinya sangat terang.

"Pijar api sangat terang, membakar habis Gili Lawa sampai ke puncaknya. Ditambah angin juga kencang, saat itu ada beberapa kapal yang datang mungkin petugas taman nasional yang mau memadamkan apinya," jelas Kurniawan. 


Sementara itu, Kepala Balai TN Komodo, Budhy Kurniawan mengatakan, “Ya betul (telah terjadi kebakaran di Gililawa Darat). Kemarin (Rabu) kami menerima laporan sekitar pukul 19.00 Wita. Kemudian segera mengirimkan petugas kami dari resor terdekat ke lokasi untuk upaya pemadaman,” kata Budhy. 

Para pengunjung yang terakhir turun dari bukit yang terbakar pun didata. Kemudian petugas melakukan pemeriksaan terhadap awak kapal dan pemandu wisata yang diduga sebagai penyebab terjadinya kebakaran.

“Yang namanya pengunjung kan perilakunya macam-macam ya, kadang memang diperlukan kesadaraan oleh seluruh pihak,” kata Budhy.


Petugas pemadam berhasil memadamkan api pada Kamis 2/8/2018 dini hari sekitar pukul 03.15 Wita. Budhy memperkirakan lahan savana di Gililawa Darat yang terbakar mencapai 10 hektar.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});