Skip to main content

10 Hidangan Paling Sehat di Dunia

10 Hidangan Paling Sehat di Dunia
10 Hidangan Paling Sehat di Dunia

WinNetNews.com - Sehat atau tidaknya hidangan di suatu negara dapat diketahui dari beberapa faktor seperti jumlah konsumsi produk segar dan makanan olahan di negara tersebut. ​Negara mana saja yang​ punya hidangan paling sehat di dunia?​

Selain Jepang yang dikenal dengan hidangan berbasis seafood-nya yang menyehatkan, negara-negara ini juga punya hidangan sehat dengan keunggulannya masing-masing.

Swedia

image0

Masakan Swedia lekat dengan penggunaan seafood, terutama salmon yang merupakan salah satu jenis ikan tersehat. Masyarakat Swedia juga gemar mengonsumsi acar sayuran dan roti gandum yang kaya serat. Teknik memasak di sana minim proses menggoreng dan lebih banyak menggunakan teknik pengasapan, pengeringan, perebusan, dan fermentasi.

Singapura

image1

Walau penduduknya banyak mengalami penyakit jantung dan diabetes, Singapura memiliki tingkat obesitas rendah dengan umur harapan hidup terpanjang peringkat ke 4 dunia. Masakan Singapura sebenarnya mendapat pengaruh kental dari Malaysia, China, Indonesia, dan India.

Penggunaan banyak rempah seperti jahe, kunyit, dan cabai dalam masakan agaknya membuat masyarakat di sana sehat. Ini karena rempah bersifat anti inflamasi yang baik untuk tubuh.

Alpine

image2

Masyarakat Alpine di Swiss mengonsumsi banyak keju, roti, dan daging yang telah diawetkan dengan cara diasini, diasapi, atau dikeringi. Konsumsi makanan tersebut dipercaya dapat mengurangi angka obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. Masyarakat Alpine juga kerap memanfaatkan hasil panen lokal yang segar dari pertanian mereka sendiri.

Spanyol

image3

Banyak warga Spanyol beralih pada hidangan vegetarian seperti sayuran panggang dan jamur. Mirip dengan diet Mediterania, warga Spanyol juga mengonsumsi banyak minyak zaitun, biji-bijian, kacang-kacangan, dan produk segar lainnya.

Israel

image4

Israel juga menyuguhkan masakan Mediteriania dengan penggunaan banyak sayuran segar seperti terong, tomat, dan zucchini. Kepercayaan Yahudi tradisional di sana juga membuat warganya berumur panjang karena konsumsi 7 makanan wajib menyehatkan. Seperti anggur, zaitun, dan delima yang juga kaya antioksidan.

Prancis

image5

Hidangan Prancis punya ciri khas berupa penggunaan bahan makanan segar dan berkualitas tinggi, pemakaian banyak sayuran, dan penambahan sumber protein. Sayuran yang kerap digunakan adalah kentang (pomme de terre), buncis (haricots verts), terong (aubergine), dan bawang merah (echalotte). Sementara sumber proteinnya terdiri dari ayam (poulet), angsa (oie), domba (agneau), dan siput (escargot).

Jepang

image6

Penduduk Jepang dikenal sehat dan berumur panjang. Tingkat obesitas di sana juga paling rendah diantara negara maju lainnya. Orang Jepang mengonsumsi makanan sehat tinggi protein seperti ikan, rumput laut, kacang kedelai, sayuran, dan teh. Masyarakat Okinawa juga banyak yang menjadi vegetarian, namun masih mengonsumsi sedikit hidangan laut. Mereka juga mengurangi konsumsi susu dan produk olahannya serta memperbanyak konsumsi pare.

Italia

image7

Italia dinobatkan WHO sebagai salah satu negara dengan tingkat penderita diabetes terendah di dunia. Hal ini mungkin karena pola makan sehat warga di sana. Walau dikenal dengan suguhan pizza dan pasta yang sarat karbohidrat, masyarakat Italia rupanya hanya mengonsumsi keduanya dalam jumlah sedikit. Mereka suka memperbanyak asupan sayuran sebagai pendamping. Minyak yang dikonsumsi pun berupa minyak zaitun yang mengandung asam lemak omega 3 yang baik bagi kesehatan jantung.

China

image8

Penduduk Provinsi Macau dinobatkan CIA World Factbook sebagai penduduk dengan umur harapan hidup terpanjang di dunia. Daratan China dan Hong Kong juga memiliki tingkat penyakit jantung dan diabetes yang rendah. Hal ini mungkin dipengaruhi pola makan sehat di sana yang berbasis biji-bijian, sayuran, dan kedelai.

Kepulauan Karibia

image9

Beberapa pulau di Karibia seperti Bermuda, Anguilla, dan Cayman memiliki status kesehatan yang baik. Pola makan tradisional Karibia identik dengan konsumsi ikan dan seafood. Masyarakat di sana juga gemar menyantap ubi dan singkong. Rahasia lainnya terletak pada konsumsi paprika merah. Kandungan capsaicin pada paprika merah dipercaya dapat memperpanjang umur karena menurunkan tekanan darah dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top