(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

10 Menit Lakukan Ini, Pasti Peluang Diterima Kerja Makin Besar

Kontributor 3
Kontributor 3

10 Menit Lakukan Ini, Pasti Peluang Diterima Kerja Makin Besar

winnetnews.com - Sobat winnet masih belum dapat kerjaan? Susah cari pekerjaan ? Mungkin saja karena sobat winnet malas menulis surat yang menarik, supaya bagian HRD terkesima dengan pelamar. Nah, supaya berpeluang diterima kerja, pastikan dong kamu nulis lamaran dengan menarik.

Banyak perusahaan yang memandang surat lamaran atau cover letter sebagai bagian terpenting dari seluruh dokumen lamaran sob!. Karena itu penting sekali bagi sobat winnet untuk menuliskan surat lamaran yang menarik.

1. Kesan Individual

image0

Jika sobat winnet berencana mengirimkan lamaran ke berbagai perusahaan pastikan dulu dong menulis nama yang benar pada surat lamaran (jangan sampai salah ejaan yah) Gunakan nama dan jabatan yang spesifik jika mungkin. Secara khusus, untuk surat yang ditujukan pada seorang perempuan.

Masih bingung? Coba deh buka di internet banyak kok contoh surat lamaran, tapi hindari copas yah Sob. Rubah dikit dan promosikan diri keunggulan yang kamu punya.

2. Nulis lamaran pekerjaan jangan seperti nulis cerpen yah Sob!!!

image1

nulis surat lamaran sebaiknya jangan bertele-tele. Tuliskan surat dengan singkat dan padat. Gunakan bahasa yang mudah.

Ingat: Jangan menulis surat lamaran Anda lebih dari satu halaman. Perusahaan mungkin menerima belasan bahkan ratusan surat lamaran. Surat lamaran yang terlalu panjang tidak efektif.

3. Kalo mau diterima pastikan dong surat lamarannya bersih dan rapih

image2

Surat yang rapih dan bersih so pasti jadi nilai plus dong bagi HRD…siapa tau HRD –nya berpikir kalau calon pelamar memiliki kepribadian yang rapih.

Ingat: Hindari menulis surat lamaran dengan tulisan tangan. Hindari menggunakan tip-ex atau sejenisnya dalam surat lamaran Anda.

4. Isi Dalam surat lamaran Anda, ada beberapa hal yang perlu dituliskan:

image3

Pembukaan: Sebutkan dimana mendapatkan informasi tentang lowongan kerja tersebut. Contohnya Sob, bisa sebutkan bahwa kamu mengetahui lowongan kerja tersebut dari iklan di surat kabar, iklan di Internet, atau dari seorang teman.

Pekerjaan sekarang: Ceritakan secara singkat posisi dan bidang pekerjaan juga perlu menceritakan secara singkat pencapaian utama dalam pekerjaan tersebut. marketing research, Anda mungkin tidak perlu menceritakan pencapaian Anda di bidang logistik.

Pendidikan: Jika latar belakang pendidikan perlu diinformasikan, tuliskan secara singkat pendidikan tertinggi. Jika pernah mendapatkan pendidikan di sekolah yang cukup dikenal, ada baiknya menuliskannya di surat lamaran.

Penutup: Dalam penutup ingatkan pembacanya bahwa mempunyai keinginan kuat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Ada baiknya kamu menyatakan kapan saat terbaik bisa dihubungi untuk proses selanjutnya. Dan jangan lupa ucapkan "Terima kasih".

5. Proof Read

image4

Proof read artinya membaca kembali seluruh tulisan dan memastikan semuanya sudah benar. Pastikan tidak ada kesalahan pengejaan, tidak ada kata-kata yang diulang atau repetitif, dan tata bahasa (grammar) yang digunakan sesuai. Dalam program MS Word bisa menggunakan spell dan grammar checker. Gunakanlah! Menurut sebuah website,"Suatu kesalahan dalam ejaan saja bisa menyebabkan Anda kehilangan kesempatan yang penting untuk memperoleh pekerjaan".

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});