10 Orang Tewas Dalam Ledakan Bom Di Turki

10 Orang Tewas Dalam Ledakan Bom Di Turki

Rabu, 13 Jan 2016 | 09:22 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Para pejabat Pemerintah Turki mengatakan, sedikitnya ada 9 warga Jerman di antara 10 orang yang tewas dalam pengeboman bunuh diri, Selasa (12/1), di jantung distrik pariwisata Istanbul. Insiden ini juga melukai 15 orang lainnya.

“Sedikitnya ada 9 warga Jerman di antara 10 korban yang tewas,” ujar pejabat kepada AFP, setelah insiden pengeboman bunuh diri memporak-porandakan distrik bersejarah Sultanahmet.

Hingga laporan ini diturunkan, pihak berwenang menyebutkan sebanyak 10 orang tewas dan sebagian besar adalah warga asing, pada saat pelaku pengebom bunuh diri asal Suriah meledakkan diri di distrik pariwisata paling sibuk di Istanbul. Insiden itu merupakan serangan mematikan terbaru yang melanda negeri.

Dalam gambar-gambar yang beredar, memperlihatkan beberapa jenazah dengan kondisi tercerai berai tergeletak di tanah, di dekat Masjid Biru di Sultanahmet.

“Saya mengecam keras serangan teror yang dilakukan oleh pengebom bunun diri asal Suriah,” ujar Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam pidato yang disampaikan di ibu kota, Ankara.

 

Wakil Perdana Menteri Turki Numan Kurtulmus mengatakan sebagian besar yang tewas adalah warga negara asing. Namun belum ada penjelasan resmi tentang asal warga negara mereka dan dia mengidentifikasi pelaku pengeboman adalah kelahiran Suriah, pada 1988.

Tak lama setelah ledakan terjadi, Pemerintah Jerman memperingatkan para warganya untuk mengindari lokasi objek-objek wisata di Istanbul, kota berpenduduk 14 juta yang sudah beberapa kali dilanda serangan mematikan.

Kantor berita Turki, Dogan, menyebutkan diantara korban terluka ada 9 warga Jerman dan dua warga Persia.

Sementara itu, segera setelah insiden ledakan, Perdana Menteri (PM) Ahmet Davutoglu menggelar rapat keamanan darurat dengan para menteri dan para pejabat pentiNg, di antaranya Menteri Dalam Negeri Turki Efkan Ala dan Kepala Badan Intelijen Hakan Fidan.

Kantor gubernur Istanbul mengatakan penyelidikan sedang berlangsung untuk mengindentifkasi jenis bahan peledak yang digunakan dan setiap orang yang terlibat dalam serangan itu.

“Penyelidikan penyebab ledakan, jenis ledakan dan pelaku atau para pelaku sedang berlangsung,” katanya.

PM Davutoglu juga menyampaikan bela sungkawa kepada Kanselir Jerman Angela Merkel atas insiden bom yang menewaskan 9 warga Jerman.

(seperti dilansir Berita Satu)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...