10 Tips Reservasi Tiket Kereta Api

Rani
Rani

10 Tips Reservasi Tiket Kereta Api

Jakarta, wingamers - Masyarakat Indonesia sebagian besar masih setia menggunakan kereta untuk sarana transportasi, mulai dari transportasi jarak jauh (antar kota) hingga transportasi penghubung jabodetabek. Hal ini terbukti dengan membeludaknya penumpang kereta api di moment-moment tertentu seperti pada saat perayaan hari raya.

Agar rencana perjalanan Anda dengan angkutan masal ini menjadi berjalan lancar sesuai rencana, WinGamers akan berikan beberapa tips membeli tiket KAI untuk Anda:

  1. Beli/pesan tiket KAI di channel eksternal yang bekerjasama melakukan penjualan tiket  KAI, agar lebih praktis. Selain itu hal ini juga bisa mengurangi antrian di loket-loket yang ada di stasiun.
  2. Jika Anda tidak sempat untuk membeli/pesan tiket KAI di channel eksternal. Anda bisa melakukan reservasi tiket KAI di website resmi KAI. Selain itu Anda juga bisa menghubungi Call Center resmi KAI di nomor 121 (021-121) untuk melakukan reservasi.
  3. Jika melakukan reservasi seraca online Sebaiknya jangan mengakses website penjualan pada pukul 00.00 WIB saat pembukaan penjualan tiket di hari tertentu. Alasannya karena pada jam tersebut trafik pengguna website begitu tinggi sehingga menyebabkan  antrian pengguna untuk masuk ke website penjualan.
  4. Disarankan melakukan reservasi atau pembelian secara online pada pukul 03.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB, karena trafik pada jam tersebut sepi dan tingkat keberhasilan pembelian lebih tinggi.
  5. Bagi masyarakat yang memiliki dana yang cukup disarankan untuk langsung membeli tiket eksekutif. Alasannya karena tiket yang paling cepat habis adalah kelas ekonomi, kemudian bisnis, setelah itu kelas eksekutif.
  6. Jika rute perjalanan kereta yang dipilih sudah habis penjualannya, disarankan membeli tiket secara terpisah. Misalkan tiket rute Jakarta – Yogyakarta sudah habis,beli tiket kereta Jakarta – Bandung dan Bandung – Yogyakarta. Namun biasanya harga tiket akan menjadi lebih mahal.
  7. Selama ini penjualan melalui contact center relative masih sepi jika dibandingkan penjualan melaui website. Jadi penjualan melalui contact centre 121 dapat menjadi opsi lain bagi Anda.
  8. Pesan lah tiket 90 hari sebelum keberangkatan, agar anda lebih leluasa memilih kursi kereta api.
  9. Pastikan nama yang tertera pada tiket sesuai dengan identitas penumpang.
  10. Selain sebagai sarana transportasi antar kota, PT KAI juga menyediakan paket perjalanan wisata dengan gerbong kereta api wisata. Untuk keterangan lebih lanjut, anda bisa membuka website resmi PT Kereta Api Indonesia (Persero).
Baca juga artikel: 3 Keuntungan Menjadi Seorang Penulis Blog

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});