107 Orang Jemaah Calon Haji meninggal Tertimpa Crane di Masjidil Haram

Rani
Rani

107 Orang Jemaah Calon Haji meninggal Tertimpa Crane di Masjidil Haram

Jakarta, wingamers - Mendekati prosesi puncak Ibadah haji di tanah suci, sejumlah tragedi menimpa jemaah haji. Jemaah haji yang sedang melakukan ibadah tertimpa alat berat Crane di areal pelebaran kawasan Masjidil Haram. Sebanyak 2 orang jemaah calon haji asal Indonesia meninggal dunia. Korban tewas itu antara lain,atas nama Masmauli Hasibuan asal kloter 09 Medan Kno 09, dan Iti Rasti Darmin asal kloter Jks 23. Dalam insiden ini juga menyebabkan 32 orang jemaah calon haji Indonesia mengalami luka-luka dan harus dirawat di rumah sakit. elain itu diketahui total 107 orang Meninggal dan 238 orang luka-luka.

Informasi terbaru jemaah yang mengalami luka-luka dirawat di balai pengobatan haji Indonesia (BPHI) daerah kerja Mekah, 3 rumah sakit arab saudi dan klinik sektor 4 Mekah. Ada 7 orang jemaah saat ini diraat di BPHI Mekah, 2 orang laki-laki dan 5 perempuan yang kondisinya stabil kini tengah mengalami proses pemulihan dan akan secepatnya dikembalikan ke masing-masing kloter.

Panitia penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) Arab Saudi juga merujuk jemaah calon haji Indonesia yang luka-luka ke 3 rumah sakit di Mekah, yakni ke RS Annur, RS Zahir, dan RS King Abdullah . Ada 6 jemaah calon haji Indonesia dirawat di RS Annur, yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. 1 orang jemaah dirawat di RS King Abdullah, 11 Orang dirawat di RS Zahir terdiri dari 2 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Serta 1 orang passien rujukan dari BPHI daerah kerja Mekah. 8 Jemaah calon haji lainnya dibawa ke klinik sektor yang paling dekat dari Masjidil Haram, terdiri dari 5 orang laki-laki dan 3 orag perempuan.

Alat berat crane yang terletak di dekat Bab Asalam terjatuh akibat angin kencang disertai hujan deras yang sudah terjadi selama beberapa hari terakhir ini. Crane yang terjatuh merupakan jenis crane yang tidak ditanam, Crane terjatuh di dekat area melakukan ibadah thawaf. Lokasi insiden tidak jauh dari pintu yang menghubungkan lokasi mataf dan mas'a untuk melakukan sa'i, selain itu lokasi terjatuhnya crane juga berdekatan dengan lokasi yang menuju maqam Ibrahim (tempat jemaah melakukan shalat sunah usai tawaf.Lokasi ini merupakan salah satu lokasi central di kawasan Masjid Nabawi, ditambah lagi crane yang terjatuh ketika jemaah sedang bersiap melakukan shalat magrib.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi perkembangan pasca insiden terjatuhnya crane di arela Masjidil Haram dapat menghubungi Call Center +9665436031521.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});