131 Juta Pesepeda Akan Ramaikan Tour de Flores

131 Juta Pesepeda Akan Ramaikan Tour de Flores

Sabtu, 23 Jan 2016 | 11:20 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Tour de Flores berkontribusi membangun pariwisata di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), sekaligus menyinergikan promosi wisata di wilayah tersebut. Oleh karena itu, masyarakat serta Pemerintah Kabupaten Flores Timur (Flotim) dan Kabupaten Sikka siap menyukseskan event Tour de Flores yang akan dilaksanakan pada Mei 2016.

Hal tersebut disampaikan Bupati Flotim Yoseph Lagadoni Herin dan Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera saat menerima kunjungan tim survei Tour de Flores di Larantuka dan Maumere, Rabu (20/1).

“Banyak manfaat dari kegiatan tersebut. Peserta dari berbagai negara, selain mengikuti balap sepeda, juga berwisata menikmati budaya dan destinasi pariwisata yang ada,” kata Yoseph Lagadoni Herin di ruang kerjanya di Larantuka, Rabu, (20/1).

Menurut Bupati Yoseph yang akrab disapa Yosni, Tour de Flores juga merupakan impiannya sejak lama dan kini menjadi kenyataan. Event tersebut akan mempercepat pembangunan sektor pariwisata di seluruh daratan Flores. Oleh sebab itu, pemerintah daerah dan masyarakat Flotim sangat mendukung Tour de Flores 2016, ajang balap sepeda bertaraf internasional itu.

Yosni menyebutkan rute Tour de Flores akan dimulai dari Larantuka dan berakhir di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Selama di Larantuka, panitia juga menyelenggarakan kegiatan seni budaya dan festival foto bawah laut.

Setelah menemui bupati Flotim, tim survei mengunjungi bupati Kabupaten Sikka. Bupati Sikka, Yoseph Ansar Rera, saat menerima tim survei di rumah jabatannya di Maumere, Rabu (20/1), mengatakan pemerintah dan masyarakat Sikka juga mendukung dan ingin menyukseskan Tour de Flores 2016.

Hadir dalam pertemuan itu, antara lain kepala Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sikka, serta sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lainnya.

 

“Tour de Flores merupakan harapan kami untuk percepat pembangunan sektor pariwisata yang akan saling bersenergi dengan kabupaten lain,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Yoseph mengatakan Tour de Flores merupakan ide luar biasa dalam membangun kebersamaan sektor pariwisata seluruh Flores. Tour de Flores merupakan suatu sinergisme promosi wisata Flores ke tingkat dunia.

Pada kesempatan itu, Direktur Teknik Race dan liaison officer dari Union Asian Tour de Flores, Jamaludin Mahmood, mengatakan Tour de Flores mendapat perhatian dunia internasional, khususnya 131 juta pesepeda.

“Tour de Flores akan dicatat sebagai sejarah persepedaan dunia di Flores, NTT, berkaitan dengan sport tourism,” katanya.

Ia menambahkan, para pesepeda akan mendapatkan dua keuntungan saat mengikuti Tour de Flores, yakni etape yang menantang dan pemandangan alam Flores yang sangat indah.

“Saya sudah sering berkunjung ke seluruh dunia. Namun pemandangan di Flores sangat indah dan unik,” kata Jamaludin.

(seperti dilansir dari Berita Satu)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...