15 Fakta yang Harus Kamu Ketahui Tentang Air Minum Kemasan
Foto: Independent

15 Fakta yang Harus Kamu Ketahui Tentang Air Minum Kemasan

Rabu, 3 Mei 2017 | 10:19 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Saat kita merasa haus, hal yang pertama dilakukan adalah minum, atau membeli air minum terlebih dahulu. Tentu harga yang terbayarkan sedikit mahal. Dengan harga yang curam itu, kamu mungkin mengira membeli barang dari botol yang sangat berharga. Dalam kebanyakan kasus, kamu akan salah.

Bagi sebagian besar orang Amerika, segelas dari keran air dan dari botol hampir identik kalau menyangkut kesehatan dan kualitas gizinya. Dalam beberapa kasus, keran yang bersumber di masyarakat sebenarnya lebih aman karena biasanya sering diuji.

Ada pengecualian, bagaimanapun orang-orang yang tinggal di dekat sumur pribadi tidak menikmati pengujian ketat yang sama seperti mereka yang airnya berasal dari sumber publik, dan beberapa sumber publik tidak diputar dengan benar, seperti yang baru-baru ini terlihat di Flint, Michigan.

Tapi ada banyak alasan untuk berhenti mengupas air minum dalam kemasan. Dan kamu perlu tahu semua hal yang belum kamu ketahui tentang air minummu:

1. Kasus terdokumentasi pertama dari air kemasan yang dijual di Boston pada tahun 1760-an, ketika sebuah perusahaan bernama Jackson's Spa mengemas botol dan menjual air mineral untuk penggunaan "terapeutik". Perusahaan di Saratoga Springs dan Albany juga tampaknya telah mengemas dan menjual air.

2. Di seluruh dunia, orang minum sekitar 10% lebih banyak air kemasan setiap tahun, namun orang Amerika terus mengkonsumsi H2O kemasan lebih banyak daripada yang dilakukan di negara lain.

3. Pada 12,8 miliar galon, atau 39 galon per orang, orang Amerika saat ini minum lebih banyak air kemasan daripada susu atau bir.

4. Tahun lalu adalah pertama kalinya orang Amerika minum lebih banyak air kemasan daripada soda. "Air botol secara efektif mengubah pasar minuman," Michael C. Bellas, Chairman dan CEO Minuman Marketing, mengatakan dalam sebuah pernyataan baru-baru ini.

5. Ini tidak murah. Dengan biaya rata-rata $ 1,22 per galon, kita menghabiskan 300 kali lebih banyak untuk air kemasan daripada yang kita keluarkan untuk diminum dari keran. Tapi jumlah itu bisa lebih tinggi lagi, beberapa analis mengatakan, karena kebanyakan penjualan untuk botol tunggal.

6. Tapi penelitian menunjukkan bahwa untuk kebanyakan orang Amerika, air dalam botol tidak lebih baik untuk kamu daripada air di keran. Bahkan, sebuah laporan baru-baru ini menemukan bahwa hampir setengah dari semua air kemasan sebenarnya berasal dari keran. Pada tahun 2007, Pepsi (Aquafina) dan Nestle (Pure Life) harus mengubah label mereka agar lebih akurat mencerminkan hal ini.

7. Air ledeng biasanya juga diuji kualitas, apakah lebih sering terkontaminasi daripada air kemasan atau tidak. Environmental Protection Agency bertanggung jawab untuk melakukan tes tersebut.

8. Baru-baru ini dalam popularitas air kemasan mungkin disebabkan oleh meningkatnya kekhawatiran tentang kemurnian air keran. Sebuah jajak pendapat Gallup baru-baru ini menemukan bahwa 63% orang Amerika khawatir "banyak" polusi air minum, persentase tertinggi sejak 2001.

9. Dan ketika sampai pada selera, kebanyakan dari kita mungkin tidak bisa membedakannya. Survei uji buta rasa baru-baru ini oleh para siswa di Universitas Boston, menemukan bahwa hanya penguji rasa ketiga yang mengidentifikasi sampel air keran dengan benar.

10. Pembuatan air kemasan juga merupakan proses ekstensif dan berat sumber daya. Sebuah studi di jurnal Environmental Research Letters menemukan bahwa sekitar 32-54 juta barel minyak menghasilkan produksi air kemasan yang dikonsumsi di AS pada tahun 2007.

11. Juga dibutuhkan lebih banyak air untuk membuat sebotol air daripada yang dibutuhkan untuk mengisinya. Sebuah studi baru-baru ini dari International Bottled Water Association menemukan bahwa perusahaan-perusahaan Amerika Utara menggunakan 1,39 liter air untuk membuat satu liter barang dari botol.

12. Tapi, mungkin kamu berpikir: setidaknya botol bisa didaur ulang, kan? Untuk setiap enam botol air yang digunakan orang Amerika, hanya satu yang bisa sampai ke tempat sampah daur ulang, menurut National Geographic.

Jadi pikirkan dua kali pada saat kamu mempertimbangkan untuk membeli air kemasan. Untuk memastikan bahwa air keran lokal kamu bersih, atau hubungi perwakilan setempat daerahmu.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...