15 Kantong Darah terkontaminasi virus HIV ditemukan PMI Madiun

15 Kantong Darah terkontaminasi virus HIV ditemukan PMI Madiun

Kamis, 8 Sep 2016 | 19:24 | Rike

WinNetNews.com-Kantor Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Madiun, Jawa Timur telah menemukan adanya 15 kantong darah pendonor yang terkontaminasi oleh virus HIV pada bulan Januari-Agustus 2016.

"Keberadaan kantong darah yang terkontaminasi virus HIV tersebut diketahui melalui proses screening infeksi menular lewat tranfusi darah (IMLTD) yang dilakukan oleh petugas PMI setempat," terang Kepala Bidang Pelayanan UTD PMI Kabupaten Madiun Dony Dwi Setyawan, Kamis (8/9).Berdasarkan adanya temuan ini, pihaknya menggandeng Dinas Kesehatan setempat dan Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Madiun guna memberi pendampingan kepada 15 orang pendonor terinfeksi HIV itu.

Menurutnya, sesuai hasil temuan, total dari bulan Januari-Agustus jumlah kantong darah pendonor yang reaktif penyakit menular berbahaya mencapai 119 kantong diantaranya reaktif penyakit hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan HIV.Ia menyampaikan bahwa dari 119 kantong darah terkontaminasi itu, untuk yang reaktif penyakit hepatitis B mencapai 66 kantong, hepatitis C 14 kantong, sifilis 24 kantong, sedangkan HIV sebanyak 15 kantong."Setiap bulan pasti ditemukan darah yang terpapar penyakit setelah melalui proses screening IMLTD," tambah Dony.

Pihaknya kini memanggil pendonor yang terjangkit penyakit itu dan memberi penjelasan. Untuk pengobatan dapat dilakukan di dokter ataupun rumah sakit. Selain pemanggilan, pihaknya pun melarang pendonor bersangkutan melakukan donor darah lagi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...