150 Anak Tabuh Gender Wayang Beramai-ramai di Bali

150 Anak Tabuh Gender Wayang Beramai-ramai di Bali

WinNetNews.com-Sekitar 150 anak di Bali bersamaan mainkan tabuh Gender Wayang dalam pagelaran di Balai Budaya, Gianyar, Bali.

"Mereka adalah generasi kebanggaan Bali, karena menjadi seniman penabuh gender wayang Bali. Apalagi, penabuh Gender Wayang ini semakin melangka," terang Kadis kebudayaan Giayar IGN Wijana di Bali, Sabtu (16/4).

Wijana melanjutkan, memainkan gender ini tidaklah seperti cara belajar gamelan musik tradisional lain. Menurutnya, ini membutuhkan keahlian khusus, terlebih dibawakan secara massal. "Dalam eksebisi gender wayang massal ini, kami harapkan dapat menggugah generasi muda untuk melestarikan kesenian tradisional, yang kini mulai ditinggalkan," harap Wijana.

Dia menambahkan, bahwa gender wayang adalah salah satu kesenian yang menjadi bagian dalam setiap prosesi upacara di Bali. Tetapi dalam sejumlah tahun terakhir, kesenian ini cenderung ditinggalkan generasi muda sebab membutuhkan ketekunan dan talenta seni tinggi. Malahan, rencananya tahun depan akan libatkan dua ratus anak-anak. Sebagai wujud komitmen untuk mempertahankan pusaka-pusaka yang diwariskan secara turun temurun.

Sumber&foto:merdeka.com