Skip to main content

17 Ton Sodium Cianida dan Boraxs Diamankan Polres Bogor

17 Ton Sodium Cianida dan Boraxs Diamankan Polres Bogor
17 Ton Sodium Cianida dan Boraxs Diamankan Polres Bogor

WinNetNews.com - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Bogor beberapa waktu lalu melakukan penangkapan terhadap pelaku penjual bahan kimia jenis Mercuri di wilayah Bogor Barat, Kabupaten Bogor. Bahan ini sendiri dianggap berbahaya karena kerap digunakan para gurandil (penambang emas illegal-red) sebagai bahan pemisah emas dengan tanah.

Selain itu, bahan ini juga dapat berdampak buruk pada lingkungan hidup karena bisa mencemari lingkungan dengan rusaknya ekosistem sungai, yang kerap dijadikan media para gurandil untuk mengayak (memisah-red) tanah dan emas.

Informasi soal ini dibenarkan Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Bogor, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Aulia Djabar saat dikonfirmasi. Namun Aulia belum bisa memberikan keterangan secara rinci terkait penangkapan tersebut.

“Benar ada penangkapan yang dilakukan Reskrim Polres Bogor, atas penjualan bahan kimia pemisah emas dari tanah (Mercuri), dari wilayah Bogor Barat, dan penangkapan juga ini berdasarkan laporan dari masyarakat, sehingga dilakukan pengembangan lebih lanjut,”ujar AKP Aulia.

Aulia hanya menyebut permasalahan ini tengah dilidik Unit IV Reskrim Polres Bogor. “Untuk datanya silahkan ke Unit IV Reskrim Polres Bogor. Karena saya sedang di Polda Jabar,” ucapnya.

Sementara Unit IV Reskrim Polres Bogor, Inspektur Dua (Ipda) Amrizal ketika dikonfirmasi wartawan, juga membenarkan ada penangkapan untuk peredaran bahan kimia jenis Mercuri. “Saya belum bisa berikan keterangan lebih lanjut, karena masih dalam penyelidikan. Dan untuk lebih jelasnya kita tunggu Pak Kasat saja pulang dari Bandung,”tandasnya.

Laporan: Areinta

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top