181 WNI ini Ditangkap Otoritas Arab Saudi Karena Ketahuan Pakai Visa Kerja untuk Beribadah

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

181 WNI ini Ditangkap Otoritas Arab Saudi Karena Ketahuan Pakai Visa Kerja untuk Beribadah Sumber: Jawa Pos

Winnetnews.com - Terdapat sekitar 181 Warga Negara Indonesia (WNI) dicekal oleh aparat Arab Saudi karena melakukan perjalanan haji tanpa berbekal visa haji dan tasrekh (surat ijin) menunaikan ibadah haji.

Para WNI ini tertangkap oleh pihak keamanan Arab Saudi kedapatan berangkat menggunakan visa kerja dan visa ziarah. Saat ini, para jemaat haji ditahan di rumah detensi imigrasi (Tarhil) Syimaisi.

Tidak hanya itu, ada puluhan WNI yang terlunta-lunta di rumah detensi karena tidak bisa membeli tiket pulang. Beberapa lainnya tidak bisa kembali ke Indonesia karena berangkat dengan visa kerja dan tidak diuruskan ijin keluarnya oleh agen atau lembaga yang memberangkatkan.

Merespon kasus ini, tim Pelayanan dan Perlindungan Warga KJRI Jeddah mengatakan jika kebanyakan WNI tersebut merupakan korban dari penipuan agen travel.

“Sebanyak 195 telah dipulangkan ke Indonesia. Kami saat ini masih mengupayakan proses pemulangan para WNI ini,” ucap Koordinator Yanlin KJRI Jeddah, Safaar Ghofur, dilansir dari CNN Indonesia, Jumat (06/09).

Konsul Jendral RI Jeddah, Mohammad Henry Saripudin, menyayangkan kembali terulangnya aksi penahanan seperti ini. Ia juga mengungkapkan jika kasus penipuan agen perjalanan seperti ini kiat meningkat. Kebanyakan dari agen-agen tersebut berkedok iming-iming Haji ONH Plus.

“Perkiraan saya, masih banyak WNI di luar sana yang tidak bisa pulang ke Indonesia karena terkendala masalah visa,” ujar Henry, seperti dikutip dari Warta Ekonomi, Jumat (06/09).

Pihak KJRI Jeddah secara tegas menghimbau para WNI untuk lebih berhati-hati terhadap pihak-pihak yang menawarkan iming-iming pemberangkatan haji dengan cepat dan murah.

Apa Reaksi Kamu?