2 BUMN Ditunjuk Rini Soemarno Serap Saham Freeport

2 BUMN Ditunjuk Rini Soemarno Serap Saham Freeport

WinNetNews.com - 2 perusahaan pelat merah untuk menyerap 10,64% saham PT Freeport Indonesia (PTFI) yang bakal dilepas, hal ini disiapkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno.

Rini menilai 2 BUMN ini paling siap menyerap saham PTFI, diantaranya , BUMN yang ditunjuk ialah PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dan PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero).

"PT Inalum dari sisi keuangan perusahaan, keliatannya paling kuat saat ini. Sebenarnya Antam bisa, tapi Antam juga masih harus investasi mendekati US$ 2 miliar untuk proyek pemurnian bauksit dan nikel di Mempawah," kata Rini di sela kunjungan kerjany‎a di Cirebon, Jawa Barat, lansir detik, Jumat (16/10/2015).

Baca juga : Jubir : Untuk Mendidik Orang Papua Freeport Itu Laboratorium besar

Meskipun telah menyebut 2 BUMN yang paling siap, Rini belum memastikan BUMN itu yang akan menyerap saham Freeport.

Rini menyebut saat ini Antam belum mampu ditugaskan sendirian untuk mengakuisisi 10,64% saham PTFI meskipun saat ini belum ada nilai resmi terhadap saham yang bakal dilepas. Inalum yang kuat secara pendanaan akan bersinergi dengan Antam yang berpengalaman di sektor pertambangan.

baca juga : 7 BUMN : Diberi Kesempatan Dukung Kegiatan Operasi Freeport

"J‎adi karena Inalum belum pernah beraktivitas operasional di pertambangan, 10,64% saham ini harus dijadikan satu dan diambil bersama (oleh Antam dan Inalum)," jelasnya.