(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

2 Kunci Manajemen Waktu Efektif Bagi Wanita

Rani
Rani

2 Kunci Manajemen Waktu Efektif Bagi Wanita

WinNetNews.com - Sebagai wanita, hal utama yang harus Anda  kuasai adalah kemampuan manajerial. Kita tidak bisa memungkiri bahwa kemajuan zaman telah menggeser paradigma bahwa sebaiknya seorang wanita tinggal berdiam diri di dalam rumah untuk mengurus masalah rumah tangga. Di zaman modern saat ini wanita pun dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman, meniti karir sekaligus mengurus rumah tangga.

Untuk membagi waktu dan perhatian antara peran sebagai seorang istri, seorang pekerja, dan seorang ibu memang tidak mudah. Bahkan bagi seorang wanita yang kesehariaannya hanya mengurus urusan rumah tangga pun tetap memerlukan kemampuan manajerial yang lugas, agar apa yang dikerjakannya memperoleh hasil yang maksimal.

 

Lantas, apa saja sih yang perlu diperhatikan dalam usaha mempertajam kemampuan manajerial Anda? Berikut ini adalah 2 kunci manajemen waktu efektif :

1. Menentukan Skala Prioritas

Harus diakui bahwa terkadang seseorang tidak produktif dalam menggunakan waktu. Akibatnya, banyak pekerjaan yang seharusnya sudah dilakukan, tapi malah terbengkalai. Keterbatasan waktu yang tidak sebanding dengan banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan, seringkali menjadi penyebab utama depresi pada sebagian orang. Untuk mengatasi hal tersebut, penentuan skala prioritas penting untuk dilakukan.

Cara menentukan skala prioritas menurut Meida Derni dalam bukunya (Happy Bunda) adalah:

Mengerjakan pekerjaan yang sangat penting dan sangat mendesak pada urutan pertama.

Mengerjakan pekertaan yang tidak terlalu penting dan sangat mendesak pada urutan kedua.

Mengerjakan pekerjaan yang sangat penting dan tidak mendesak pada urutan ketiga.

mengerjakan pekerjaan yang tidak penting dan tidak mendesak pada urutan keempat.

Untuk menentukan skala prioritas memanglah tidak mudah, Andaharus jeli memisahkan mana yang "HARUS" dan mana yang "INGIN".

Contoh:

Harus: Mencuci pakaian, memasak, belanja kebutuhan rumah tangga, menyelesaikan tugas kantor, pergi ke bank, membayar tagihan dll.

Ingin: Membaca buku, bermain game, arisan, melaksanakan hobi, dll.

 

2. Memetakan Waktu

Jika Anda telah berhasil menentukan skala prioritas, langkah selanjutnya adalah memetakan waktu. Maksudnya adalah membuat jadwal waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang telah dibuat skala prioritasnya. Belajarlah untuk disiplin dan berusaha mematuhi jadwal yang telah Anda buat.

Baca juga artikel: Trik Mengatasi 'Sarang' Lemak di Bagian Tubuh Tertentu

Agar 2 kunci manajemen waktu efektif di atas berjalan sesuai dengan harapan, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini:

Tips:

1. Buat perencanaan kerja harian.

2. Buat pembagian waktu (jadwal) ke dalam beberapa bagian penting, yakni pekerjaan, keluarga, sahabat, dan diri sendiri.

3. Fokus. Pilih satu pekerjaan dalam satu waktu sehingga tidak membuat Anda repot.

4. Berani menolak gangguan saat fokus bekerja adalah salah satu cara sukses manajemen waktu.

5. Delegasikan pekerjaan. Minta bantuan orang lain/keluarga untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan Anda, sebab Anda bukan seorang wonder women.

6. Jangan pernah menunda pekerjaan, lakukan sekarang agar tidak menumpuk.

7. Tetap luangkan waktu untuk beristirahat. Bekerja dalam waktu lama tanpa istirahat bukanlah penggunaan waktu yang efektif.

Memang di awal-awal mungkin ini akan terasa cukup berat, tetapi ini akan sangat membantu dan akan berbuah manis. Selamat mencoba! (rk)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});