2 Masjid Unik ini Terinspirasi dari Bahtera Nabi Nuh

kontributor

Dipublikasikan 5 tahun yang lalu • Bacaan 2 Menit

2 Masjid Unik ini Terinspirasi dari Bahtera Nabi Nuh
Masjid Safinatun Najah. Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Sebuah masjid unik kembali hadir di Indonesia. Di Kota Semarang, Jawa Tengah, ada sebuah bangunan masjid berbentuk Nabi Nuh" onclick="ga('send', 'event', 'Tag', 'Click', 'Tag bahtera Nabi Nuh');">bahtera Nabi Nuh. Lokasinya pun cukup menarik, masjid bernama Safinatun Najah ini diapit oleh area perkebunan dan persawahan.

Masjid Safinatun Najah tepatnya terletak di Kampung Padaan, Desa Podorejo, kecamatan Ngaliyan, semarang. Masjid ini cukup membuat heboh netizen meskipun letaknya jauh dari keramaian kota. Banyak juga yang berburu keberadaan masjid Safinatun Najah.

Bentuk dari Masjid Safinatun Najah pun cukup megah, bagian depannya berwarna cokelat muda sangat mirip dengan kapal kayu zaman dulu yang sangat kokoh. Masjid Safinatun Najah berdiri di atas tanah seluas dua ribu meter persegi. Masjid yang terdiri dari tida lantai ini sudah dibangun sejak awal tahun 2015, dan hingga saat ini belum rampung dikerjakan. Menurut pengelola masjid Safinatun Najah, masjid ini sudah menghabiskan anggaran mencapai 5 miliar.

Masjid ini dibangun diatas kolam, sehingga menyerupai kapal yang sedang mengambang di atas air. Selain itu, fungsi lain dari kolam ini juga sebagai tempat membersihkan kaki jemaah yang akan memasuki masjid. Dari segi interiornya, masjid ini memadukan antara konsep arsitektur timur tengahb dangan desain bangunan lokal. Nantinya masjid yang akan mempunyai kuncup kubah seperti masjid nabawi ini akan bisa menampung sekitar 500 jemaah. Fasilitas yang akan ada di masjid ini antara lain klinik kesehatan, dan ruang pertemuan.

Tak berhenti sampai di Masjid Safinatun Najah di Semarang, di kota Cimahi juga terdapat masjid yang berbentuk kapal laut. Sama dengan Masjid Safinatuh Najah di Semarang, Masjid berbentuk kapal di Kota Cimahi ini juga terinspirasi dengan Bahtera Nabi Nuh. Masjid yang dibangun di atas lahan sembilan puluh meter persegi ini dibangun sejak tahun 2015, dan diberi nama Al-Baakhirah.

masjid al baakhirah cimahi

Masjid Al-Baakhirah, Cimahi. Foto: Istimewa

Masjid Al- Baakhirah terletak di jalan Bapak Ampi, RT 02/06, Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi. Layaknya sebuah kapal laut yang sedang bersandar di dermaga, masjid ini memiliki cerobong dan jangkar berwarna putih, geladak kapal, dan kabin untuk nahkoda serta awak kapal. Keunikan lainnya, di lantai dua masjid Al -Baakhirah terdapat ruang kontrol lampu masjid yang dilengkapi dengan kemudi kapal serta tombol-tombol layaknya kapal sungguhan.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...