2.000 Desa Tenggelam dan Jutaan Warga Mengungsi Akibat Banjir di Assam
Banjir di negara bagian Assa,, India yang mengakibatkan 2.000 desa tenggelam serta jutaan warga mengungsi. (Foto: The Federal)

2.000 Desa Tenggelam dan Jutaan Warga Mengungsi Akibat Banjir di Assam

Selasa, 30 Jun 2020 | 09:57 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Negara bagian Assam, India direndam banjir usai hujan lebat hingga Sungai Brahmaputra meluap sejak akhir pekan hingga Senin (29/6). Sebanyak 2.000 desa tenggelam dan jutaan warga mengungsi terdampak banjir mengerikan tersebut.

Pemerintah setempat telah mendesak warga untuk segera mengungsi lantaran banjir yang semakin mengancam banyak nyawa.

“Dua orang meninggal dalam insiden terpisah karena korban tenggelam dalam 24 jam terakhir dan lebih dari satu juta orang terkena dampak, situasi banjir menjadi berbahaya dalam hitungan jam,” papar laporan pemerintah Assam, seperti dikutip SINDOnews, Selasa (30/6).

Seperti diketahui, sebanyak 23 dari 33 daerah di Assam dilanda hujan dengan intensitas tinggi. Badan Sumber Daya Air Federal India memperhitungkan debit air naik lebih cepat sehingga menimbulkan ketinggian Sungai Brahmaputra dalam tiga hari mendatang bisa bertambah.

“Situasi banjir masih sangat berbahaya dengan beberapa tanggul sungai jebol,” papar Menteri Sumber Daya Air Assam, Keshab Mahanta dilansir Reuters.

“Sebagian besar Taman Nasional Kaziranga yang menjadi tempat bagi badak bercula satu yang langka, tergenang banjir,” ungkap otoritas.

Negara bagian Assam memang dikenal akan perkebunan teh. Banjir di wilayah tersebut bukan hal biasa, karena sering terjadi tiap tahunnya. Hal ini membuat aparat setempat harus kerja ekstra, serta menganggarkan jutaan rupee untuk menangani banjir yang terjadi tiap tahunnya.

Anggota paramiliter setempat juga diturunkan guna membantu mengamankan para korban serta tetap mengingatkan dan memastikan penerapan jaga jarak di tenda pengungsian demi pencegahan virus corona.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...