2016, Wisata Kuliner Berkembang Pesat

2016, Wisata Kuliner Berkembang Pesat

Minggu, 21 Feb 2016 | 12:30 | Nadia Chevina
WinNetNews.com - Berbicara tentang dunia wisata di Kota Cirebon seolah tak ada habisnya. Sektor wisata kuliner pun dewasa ini turut berkembang pesat. Bahkan, di tahun 2016 ini, Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Kota Cirebon menilai perkembangan sektor wisata kuliner sangat signifikan.

“Memang jumlah pelaku jasa wisata kuliner tidak terdeteksi, namun berdasarkan data wisatawan yang datang ke Kota Cirebon dapat dipastikan wisata kuliner juga berkembang sangat signifikan,” ujar Kepala Disporbudpar Kota Cirebon, Dana Kartiman.

Menurutnya, saat ini industri kuliner di Kota Cirebon khususnya makanan dan minuman khas Cirebon semakin banyak bermunculan. Bahkan, wisatawan yang melacong ke daerah sekitar Cirebon rela datang hanya untuk menyantap makanan khasnya, seperti empal gentong dan nasi jamblang.

“Setiap akhir pekan itu tak sedikit wisatawan dari Jakarta dan Bandung datang ke Cirebon hanya untuk mencicipi empal gentong atau nasi jamblang kemudian pulang lagi,” katanya.

Ia mengakui, saat ini Pemerintah Kota Cirebon belum memiliki tempat khusus wisata kuliner Cirebon untuk para wisatawan. Namun, pihaknya tetap mendorong pelaku usaha kuliner untuk mengedepankan pelayanan dan promosi.

“Kalau sudah ngetop, jangan dulu puas. Coba buka cabang di tempat lain, karena kalau ada yang menyaingi ya sudah selesai bisnisnya,” ujarnya.

Ia pun mengimbau, khususnya pada para pelaku usaha kuliner untuk bersaing secara sehat, kompetitif dan beri pelayanan maksimal pada wisatawan. Sebab, jika ada satu saja pelaku usaha kuliner yang tercoreng, maka seluruh usaha kuliner di Cirebon akan terkena dampaknya.

“Sekarang sudah saatnya pelaku usaha kuliner itu konsepnya ‘open kitchen’, perlihatkan proses pembuatannya. Lakukan persaingan secara kompetitif dan tetap pada koridornya,” ujarnya.

Paling Potensial

Senada, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, M. Abdul Majid Ikram menilai usaha yang paling potensial di Cirebon ialah bidang kuliner khasnya. Sebab, semakin meningkatnya ‎kunjungan wisatawan ke Cirebon melalui Tol Cipali, permintaan produk kuliner semakin meningkat. Menurutnya, inilah peluang yang harus diambil masyarakat Cirebon.

“Uniknya, yang menonjol di bisnis kuliner ialah empal gentong yang merupakan khas Cirebon. Meski beberapa tempat sudah dikenal luas, namun pelaku usaha empal gentong di sekitarnya tetap berjalan, bahkan cenderung semakin bertambah,” katanya.

Ia pun mengakui, makanan khas Cirebon lainnya seperti nasi jamblang dan nasi lengko tetap populer, namun masih kalah pamor dibandingkan empal gentong. “Saat ini memang yang paling banyak dicari wisatawan itu empal gentong. Kuliner khas ini tetap mendominasi,” pungkasnya. 

Dilansir dari laman okezone

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...