21 Kondisi Medis Dapat Diketahui hanya Dengan Melihat Facebook

Aldina Putri Nst
Aldina Putri Nst

21 Kondisi Medis Dapat Diketahui hanya Dengan Melihat Facebook
Winnetnews.com - Ternyata profil media sosial kamu dapat diungkapkan menjadi banyak hal, salah satunya adalah kondisi medis seseorang. Jurnal PLOS One mengungkapkan studi baru temuannya yang menyebutkan bahwa setidaknya ada 21 kondisi medis yang dapat diketahui melalui profil Facebook.

Studi yang dijalan oleh para peniliti tersebut dilakukan dengan cara menghubungkan data catatan rekam medis 999 persen pasien dengan akun sosial media yang mereka miliki. Para peneliti melakukan analisa terhadap sekitar 949.530 status Facebook pasien yang berisi lebih dari 500 kata .

Peneliti juga lakukan analisa bahasa yang digunakan pasien untuk melihat kondisi medis tertentu. Contohnya seperti kata-kata “Minuman”, “Mabuk”, atau “Botol” dapat menjadi petunjuk bahwa pasien merujuk pada penyalahgunaan alkohol.

“Kepribadian, keadaan mental, dan perilaku kesehatan semua orang tercermin dalam media sosial mereka dan semuanya memiliki dampak luar biasa pada kesehatan,” ujar salah satu peneliti, dikutip dari CNN, Rabu (19/6/19).

Sementara itu, peneliti menyebut status Facebook tergolong efektif untuk memprediksi penyakit diabetes dan kondisi mental seperti kecemasan, depresi, dan psikosis.

“Kekuatan bahasa media sosial untuk memprediksi diagnosis menimbulkan pertanyaan paralel tentang privasi, persetujuan, dan kepemilikan data,” ujar peneliti.

 

Apa Reaksi Kamu?