3 Arkeolog akan Temani Wisata Obama di Prambanan

3 Arkeolog akan Temani Wisata Obama di Prambanan

Rabu, 28 Jun 2017 | 18:51 | kontributor

winnetnews.com - Tiga orang arkeolog senior ditunjuk untuk mendampingi mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan keluarganya berkeliling Prambanan. Ketiganya mengaku bangga dan antusias dengan tugas yang diembannya.

"Senang sekali berarti beliau tertarik, saya akan dengan senang menerangkannya," ujar salah satu arkeolog, Wahyu Astuti saat berbincang di Kompleks Candi Prambanan, Sleman, Rabu (28/6/2017).

Wahyu yang saat ini menjabat sebagai Kasi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY mengaku tak memiliki persiapan khusus untuk menyambut Obama. Selain Wahyu, ada dua arkeolog perempuan lainnya yakni Ary Setyastuti, Plt Kepala BPCB DIY dan Manggarsari Ayuwati Kasi Unit Prambanan.

"Yang akan dijelaskan candi dibangun kapan, latar belakangnya apa, proses kita melestarikannya dulu seperti apa, penanganan pascagempa juga," ujar Ary.

Tak hanya itu, rencananya Obama akan diajak melihat Monumen Pasca Gempa. Monumen ini berupa Ratna Kemuncak Candi Apit Utara yang jatuh akibat gempa dan dibiarkan berada di lokasi jatuhnya hingga saat ini.

Ary mengatakan Indonesia harus bangga dengan kecanggihan teknologi masa lalu. Wahyu menambahkan Prambanan menjadi kekayaan budaya yang tidak dimiliki bangsa lain. Banyak negara yang ingin belajar pada Indonesia soal pelestarian situs budaya.

"Ini world heritage, Yogyakarta punya warisan budaya kelas dunia. Candi Siwa, jadi candi paling tinggi se-Asia Tenggara. Pemahatan relief Ramayana sangat halus dan rumit," ulasnya.

Ketiga wanita ini punya pengalaman mumpuni sebagai arkeolog. Sebelum Obama, mereka juga pernah mengantarkan tamu kenegaraan seperti Pangeran Charles dari Inggris dan putri asal Thailand.

"Pernah Pangeran Charles dan putri dari Thailand. Dengan protokolernya masing-masing," ceritanya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...