3 Bahan Sayur Babanci ini Punya Manfaat juga Bagi Kesehatan
Kedawung, Tai angin, Botor

3 Bahan Sayur Babanci ini Punya Manfaat juga Bagi Kesehatan

Rabu, 21 Des 2016 | 16:02 | kontributor

WinNetNews.com - Ada beragam bumbu dan rempah yang ada di Indonesia. Mungkin beberapa sering kita temui, dan beberapa juga ada yang jarang kita jumpai. Misalnya saja botor, kedawung dan tai angin. Namanya terdengar aneh dan sedikit lucu ya. Tapi yang perlu kamu tahu, ketiga bumbu di atas merupakan bahan pelengkap untuk membuat salah satu kuliner Betawi yang cukup lezat, bernama Sayur Bebanci.

Meskipun prnggunaan bahan ini cuma sedikit, tidak kompletafdol rasanya jika tidak memasukkan tiga bahan langka ini pada sayur babanci khas betawi. ketiga bahan tersebut dimasukan ke dalam Sayur Babanci dengan cara dihaluskan kemudian ditaburkan ketika sayur sudah matang dan mendidih. Di pasar Senen banyak dijual tai angin, botor, dan kedaung. Tetapi bisanya ketiga bahan ini hanya dijual di tukang jamu. Selain untuk bumbu masakan, ketiga bahan langka tersebut ternyata punya fungsi untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Karena itu nggak heran bila 3 bahan-bahan tersebut digunakan untuk ramuan jamu juga. Yuk langsung saja kita bahas 3 bahan khas Sayur Babanci itu.

  • Pertama, Tai Angin

Tai angin yang menempel di pepohonan

Tai Angin (lebih dikenal dengan kayu angin) banyak menempel dipepohonan yang lembab. Bentuknya hampir mirip dengan jenggot. Foto: Istimewa

Dari namanya saja sudah lucu ya, hihihi. Tanaman ini dikenal dengan nama kayu angin. Kayu angin sejenis lumut yang biasa hidup melingkar di pepohonan besar dengan kelembaban yang cukup tinggi. Bentuknya hampir menyerupai jenggot. Konon kabarnya, Tai angin bisa mengobati masuk angin, sariawan, disentri serta peluruh air seni. Ketika belum diolah, Tai angin tidak memiliki aroma, tetapi jika sudah disangrai, Tai angin akan mengeluarkan bau yang sangat khas.

  • Berikutnya Kedawung

pohon kedawung

Kedawung saat masih di pohon. Foto: Istimewa

Biji Kedawung

Biji kedawung yang sudah disangrai. Foto: Istimewa

Mirip dengan biji kuaci, namun rasanya rasanya agak pahit. Meski pahit banyak orang yang memakan kedawung sebagai cemilan ketika sudah disangrai. Kedaung kulit luarnya memiliki warna coklat kehitaman, bijinya hampir mirip dengan biji petai berwarna hijau dan agak ramping. Biji kedaung selain untuk masak Sayur Babanci, juga berkhasiat menyembutkan sakit kolera, radang usus, dan perut kembung. Nggak cuma biji kedaung yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal, daun dan batang tanaman ini juga bisa dimanfaatkan lho!

  • Selanjutnya Botor

Kecipir mempunyai biji bernama botor

Buah kecipir memiliki biji bernama botor. Foto: Istimewa

image4

Biji Kedawung. Foto: Istimewa

Sering dengar buah kecipir? Nah, botor ini merupakan biki dari buah kecipir yang sudah tua. Botor bentuknya hampir mirip dengan kacang polong. Biasanya diolah dengan cara disangrai terlebih dahulu sebelum dimakan dengan campuran sambal. Fungsi lain botor selain untuk bahan masakan Sayur Babanci, ternyata botor juga bisa dimanfaatkan sebagai obat malaria, radang anak telinga, masuk angin, sembelit, diabetes, hingga pegal linu. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Femina, Botor ternyata mengandung banyak kalsium, protein, vitamin A hingga zat besi.

Nah, itulah tiga bahan pelengkap khas di Syur Babanci, kuliner asal Betawi yang lezat dan saat ini sulit untuk dijumpai. Semoga kamu nggak bingung lagi ya cari tiga bahan-bahan tersebut.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...