3 Cara Ampuh Atasi Nyeri Punggung Tanpa Tindakan Medis

3 Cara Ampuh Atasi Nyeri Punggung Tanpa Tindakan Medis

Senin, 18 Jan 2016 | 11:58 | Yudha Raditya
WinNetNews.com - Tulang belakang yang tersusun rapi adalah sebuah struktur nan sempurna yang dimiliki oleh manusia. Namun, saat nyeri punggung melanda bisa sangat mengganggu aktivitas Anda.

National Institutes of Health memperkirakan sebanyak 80 persen orang di Amerika mengalami rasa nyeri punggung di titik yang sama. Esther Gokhale seorang ahli akupunktur di New York mengatakan bahwa postur tubuh yang tidak sempurna jadi salah satu penyebab rasa sakit yang sering diabaikan oleh dokter.

Gokhale Metode Institute telah membantu ribuan penderita nyeri punggung dengan mengajarkan beberapa cara yang tepat untuk duduk, berdiri, berjalan, dan menekuk tubuh. Sosialisasi yang dilakukan oleh Gokhale di sebagian komunitas medis dengan mengobati dan juga mencegah sakit punggung kronis tanpa menggunakan obat, suntikan, atau operasi, dilansir dari lamanPrevention, Sabtu (16/01/2016).

"Banyak orang menghabiskan uang mereka untuk membeli kursi elektrik yang dapat bekerja meluruskan seluruh bagian tulang yang tidak beres," ujar Alexander Vaccaro, MD, PhD, seorang ahli bedah tulang belakang sekaligus presiden Philadelphia Rothman Institute.

Dan Gokhale memberikan tiga rahasia ampuh untuk mencegah sekaligus mengobati nyeri punggung pada tubuh.

1. Atur posisi duduk yang baik dan benar

Jangan duduk dengan cara menyender dan bertumpu seluruhnya pada tulang ekor di bagian bawah karena hal ini yang menyebabkan posisi tubuh tak sempurna. Hal ini pun dapat menyebabkan nyeri punggung di bagian bawah. Demikian pula membungkukkan tubuh saat duduk atau saat sedang makan dapat menyebabkan kekakuan. Bersandar ke arah depan juga dapat menimbulkan ketegangan pada leher dan otot bahu.

Gokhale mengatakan, bentuk yang rata pada pertengahan punggung (posisi: duduk dengan tegak) dan meluruskan leher dapat bekerja dengan cepat untuk menghilangkan rasa sakit pada leher.

2. Ambil posisi berdiri yang benar

Berdiri terlalu tegak ternyata dapat mengakibatkan nyeri pada punggung, seperti terlalu membusungkan dada keluar disertai kondisi panggul terlalu menekuk adalah posisi berdiri yang salah.

Gokhale merekomendasikan posisi berdiri yang benar dengan cara menyeimbangkan kondisi berat badan dengan keadaan telapak kaki yang rata.

3. Perhatikan posisi tidur yang benar

Gokhale memiliki satu trik untuk dapatkan posisi tidur yang benar bernama "stretch-lying". Posisi ini dapat membantu mengurangi tekanan pada saraf. Caranya dengan berbaring atau mengambil posisi telentang dan menaruh bantal di bawah lutut agar dapat membantu menopang bagian kaki. Berada dalam posisi ini selama 15 menit dapat mengistirahatkan otot-otot tubuh manusia.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...