Skip to main content

3 Cara Pengganti Rokok Bantu Usir Stress!

Ilustrasi Hindari RokokFoto: Health Liputa6
Ilustrasi Hindari RokokFoto: Health Liputa6

WinNetNews.com - Ketika merasa stres, perokok mungkin akan langsung menyalakan rokoknya kemudian menghisapnya, berharap stres bisa berkurang atau hilang secara drastis.

Padahal, hal tersebut hanya bersifat sementara dan justru dalam jangka panjang akan membuat stres jadi lebih parah akibat masalah kesehatan berskala akut yang sangat mungkin dialami.

Beberapa masalah kesehatan termasuk peningkatan tekanan darah, detak jantung meningkat, hingga pembuluh darah yang mengerut. Jika tak ingin mengalaminya, salah satu strategi terbaik ialah mengganti kegiatan merokok tersebut dengan aktivitas relaksasi yang bisa dilakukan secara rutin.

Sehingga, ketika kamu merasakan hasrat ingin merokok, segera lakukan salah satu dari tiga metode di bawah ini sebagai penggantinya, dilansir dari Healthline:

1. Berlatih pernapasan mendalam dan meditasi

Kamu dapat melakukannya beberapa kali, sampai kamu merasa santai. Caranya, cari tempat yang tenang, duduk, lalu tutup mata kamu, kontrol pernapasan, letakkan tangan di perut kamu, kemudian secara perlahan tarik napas sambil merasakan perut mengembang, lalu hembuskan napas secara perlahan-lahan sampai udara dalam perut habis.

2. Visualisasi atau berkhayal

Visualisasi dapat langsung meredakan ketegangan dan kecemasan. Caranya, luangkan beberapa saat untuk duduk di kursi atau berbaring dalam ruangan yang tenang dan tutup mata kamu, kemudian bayangkan diri kamu dalam lingkungan yang menyenangkan dan tenang sambil membayangkan pula suara air, hangatnya sinar matahari, dan aroma dari rerumputan. Hal ini akan membantu mengurangi stres.

3. Lakukan yoga atau tai chi

Jika stres berlangsung sangat lama, coba lakukan latihan rutin seperti yoga dan tai chi. Yoga dapat menyingkirkan kecemasan dan stres dengan cara melepaskan tekanan mental yang beredar dalam tubuh kamu, sedangkan tai chi membantu mencapai keseimbangan dalam tubuh kamu melalui gerakan-gerakannya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top