3 Cara Untuk Bangkit Saat Bokek

3 Cara Untuk Bangkit Saat Bokek

Kamis, 18 Agt 2016 | 10:02 | Fellyanda Suci Agiesta
WinNetNews.com - Pernahkah kamu mengalami yang namanya kehabisan uang alias bokek? Kecuali kamu berasal dari keluarga kalangan pengusaha atau selebriti yang hartanya tidak habis selama tujuh turunan, kemungkinan kamu pernah mengalami masa-masa tersebut setidaknya sekali seumur hidup.

Managing Director Jay Broekman akan menjelaskan bagaimana caranya bertahan hidup jika sedang dalam kondisi bokek, yang dikutip dari HaloMoney.co.id , Ia menyatakan bahwa bertahan hidup dan keluar dari kondisi bokek membutuhkan usaha ekstra keras.

Setidaknya, ada 3 cara yang terbukti jitu dan bisa kamu lakukan untuk bertahan hidup dan bangkit kembali saat bokek:

1. Pakai Uang Kaget

Pernahkan kamu menyembunyikan beberapa lembar uang kertas di tempat di tempat tak terduga seperti di bagian terdalam laci lemari atau di bawah kasur? Jika iya, ambil segera uang kaget kamu dan gunakan untuk bertahan hidup beberapa hari sampai mendapat pemasukan lagi. Jika tidak, lakukan cara ini kalau berhasil bertahan dari kondisi bokek ya.

2. Buat budget

Cara lain, hitung pengeluaran ke depan dan potong semua yang tidak diperlukan. Ini penting agar kamu benar-benar hanya mengeluarkan uang untuk pengeluaran yang benar-benar tidak bisa ditunda lagi. Coba juga lakukan negosiasi untuk biaya rutin. Misalnya kalau kamu ngekos, coba negosiasi dengan pemilik kos mengenai kondisi kamu dan berikan tenggat waktu yang wajar untuk kamu penuhi pembayarannya. Kalau punya kartu kredit, manfaatkan fitur diskon atau cashback supaya nilai transaksi kamu lebih ringan.

3. Gadaikan barang jika mendesak

Kamu bisa datang ke pegadaian lalu gadaikan beberapa barang yang cukup berharga untuk mendapatkan uang tunai secepatnya. Ini berguna kalau kamu tidak punya tabungan lagi. DIbandingkan dengan berhutang ke lintah darat dan bunganya tinggi, menggadaikan barang masih termasuk ke dalam cara yang cukup aman untuk bertahan hidup selama masa bokek.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...