3 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Pakai Cleansing Oils
Foto: Pexels/Cottonbro

3 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Pakai Cleansing Oils

Jumat, 20 Nov 2020 | 15:22 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Penggunaan cleansing oil untuk menghapus makeup memang menjadi perbedatan. Banyak orang yang menganggap kalau cleansing oil sebagai produk holy grail yang bisa menghapus makeup dengan mudah dan bisa digunakan oleh semua tipe kulit.

Namun ada pula yang menyarankan untuk tidak pernah menggunakan cleansing oil, apalagi jika mempunyai tipe kulit berminyak dan acne prone. Meski begitu, dermatolog mengatakan kalau cleansing oil boleh digunakan, asal dilakukan dengan benar.

“Aku merekomendasikan itu digunakan untuk orang berkulit sensitif atau kering, yang menggunakan makeup, sebagai cara yang lembut menghilangkan produk membandel di kulit kering,” kata Rachel Nazarian, MD, dermatolog bersertifikat yang berlokasi di New York City dikutip Well and Good.

Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan cleansing oil dan menyebabkan produk tidak bekerja dengan sempurna.

Mengaplikasikannya ke kulit yang basah

Kalau kebanyakan sabun cuci muka harus dicampurkan dengan air agar bisa digunakan, hal ini berbeda dengan cleansing oil. Menurut Nazarian, kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh orang-orang saat memakai cleansing oil adalah, mencampurkannya dengan air.

“Karena air dan minyak saling menolak, memasukkan air hanya akan menganggu proses dan mencegah produk membersihkan kotoran dan minyak dari kulit secara efektif,” jelasnya. Oleh karena itu, Nazarian menyarankan untuk memijat wajah dengan menggunakan cleansing oil dengan gerakan berputar agar terserap dengan baik.

cleansing oil
Foto: Human Nature

Menggunakan air dingin

Ketika ingin membilas cleansing oil, temperatur air yang digunakan harus sesuai. Air yang dingin, hanya akan membuat minyak mengeras dan membuatnya tidak efektif. Untuk itu, lebih baik menggunakan air hangat saat ingin menghilangkan cleansing oil dari wajah agar lebih efektif mengangkat kotoran dan minyak.

Tidak membilas seluruhnya

Tidak seperti facial oils, yang berfungsi sebagai langkah terakhir untuk melembabkan wajah, cleansing oil harus dibersihkan seluruhnya. Jika tidak, produk akan membuat kulit berjerawat dan mencegah produk lain bekerja dengan baik.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...