3 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

3 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

 

Wingamers.com - Kayumanis bukan hanya pemanis atau aroma di kue dan minuman. Inilah 3 manfaat kayu manis bagi kesehatan:

Memperkuat ingatan

Manfaat kayu manis lainnya adalah meningkatkan ingatan. Sebuah penelitian tahun 2014 yang dipublikasikan Journal of Basic and Clinical Physiology and Pharmacology menguji efek dari kayu manis terhadap tikus yang demensia. Para peneliti memberikan tikus-tikus tersebut 50, 100, dan 200 mg Cinnamomum zeylanicum(zat yang berasal dari kayu manis) lalu memberikan mereka tes labirin air dan pengenalan obyek. Tikus yang diberikan dosis 100 dan 200 mg bisa bertahan di labirin air dan memiliki pengenalan yang lebih baik pada obyek.

Mencegah kanker usus

Menurut penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Cancer Prevention Mei 2015. Para peneliti dari University of Arizona College of Pharmacy melakukan penelitian terhadap tikus. Dari penelitian tersebut, diketahui bahwa tikus yang diberi cinnamaldehyde bisa melindungi dirinya sendiri dari karsinogen. Untuk mengetahui bagaimana efeknya terhadap manusia, saat ini sedang dilakukan penelitian lebih lanjut.

Membunuh virus

Para peneliti dari Touro College mengatakan bahwa mengonsumsi kayu manis setiap harinya dapat membunuh virus. Hasil penelitian yang dipresentasikan pada American Society for Microbiology Annual Meeting menyatakan bahwa menambahkan 10% ekstrak kayu manis pada makanan, efektif membunuh virus yang membahayakan hewan dan manusia dalam waktu 10 menit. Para peneliti menyarankan untuk membubuhkan kayu manis di atas coklat panas, pancake, atau smoothies.

Kayu manis bukan hanya penyedap, 3 manfaat kayu manis bagi kesehatan di atas bisa membantu. (MT)