3 Mitos Penyebab Timbulnya Jerawat yang Sering Dianggap Benar
Foto: Healthline

3 Mitos Penyebab Timbulnya Jerawat yang Sering Dianggap Benar

Jumat, 22 Mei 2020 | 16:40 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Mitos terkait penyebab jerawat memang sering sekali kita dengarkan. Bahkan kadang, mitos tersebut pun tanpa sadar kita percayai dan membuat diri kita berusaha untuk tidak melanggarnya.

Akan tetapi, di antara banyaknya mitos tentang jerawat, tidak semuanya benar lho. Ada beberapa mitos yang tidak benar sama sekali.

Berikut ini, beberapa mitos penyebab jerawat yang tidak benar dan sebaiknya tidak kita percaya.

Konsumsi makanan berminyak sebabkan jerawat

Pastinya banyak dong yang percaya dengan mitos ini dan memilih untuk tidak mengonsumsi makanan berminyak lantaran takut wajahnya berjerawat. Nyatanya ini adalah hal yang salah.

Minyak dalam makanan sama sekali tidak memiliki hubungan dengan produksi minyak di kulit wajah. Satu-satunya minyak yang dapat menyebabkan jerawat yakni, kandungan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori.

Muncul jerawat karena makan cokelat berlebih

Seorang dokter kulit dari Duke University, Amerika Serikat, Diana McShane mengatakan bahwa cokelat tidak memiliki pengaruh terhadap timbulnya jerawat. Karena tidak ada data ilmiah yang mendukung pernyataan tersebut.

Pakai sunscreen terlalu banyak, dapat timbulkan jerawat

Sejumlah orang takut menggunakan sunscreen lantaran percaya bahwa kandungan SPF yang ada di dalamnya, dapat menyebabkan jerawat. Padahal, sunscreen dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan radikal bebas yang bisa menyebabkan jerawat.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...