3 Persiapan Menyambut Ramadhan yang Penting untuk Dilakukan

3 Persiapan Menyambut Ramadhan yang Penting untuk Dilakukan

Selasa, 7 Mei 2019 | 16:30 | Oky

Winnetnews.com - Sudahkah Anda melakukan persiapan menjalani Ramadhan? Penting untuk menerapkan hal ini agar fisik dan mental tetap terjaga. Tak usah khawatir, ada banyak cara agar ibadah puasa yang dilakukan kelak dapat berjalan lancar. Yuk, simak!

Bulan Ramadan tahun 2019 jatuh pada malam tanggal 5 Mei dan berlangsung sampai 4 Juni mendatang. Selama 30 hari penuh, masyarakat di seluruh dunia—khususnya umat muslim—akan menjalani puasa dan sejumlah amalan lain. Maka dari itu, butuh persiapan matang untuk menjalankan hal ini.

Mengingat bulan Ramadan dimulai dari tanggal 5 malam, maka hari pertama puasa akan berlangsung pada 6 Mei hingga 30 hari ke depan. Sudah siapkah Anda menahan lapar, dahaga dan emosi selama satu bulan?

Agar tubuh kamu bisa tetap fit dan segar, kamu bisa mengikuti tips di bawah ini:

  1. Memaknai Bulan Ramadan

    image0

    Jauh sebelum membahas soal puasa, ada baiknya kita memahami ilmu sebelum berkata dan beramal. Faktanya, ilmu amat penting untuk dipahami sedari awal agar dapat diamalkan kelak. Penting buat kita ketahui bahwa penerapan amal harus benar dan sesuai syariat.

    Jika ragu akan beberapa hal, tak ada salahnya Anda membuka kembali lembaran lama terkait pelajaran fiqih dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan. Fiqih puasa, salat tarawih, sedekah, zakat dan beberapa jenis ibadah lainnya, perlu dipelajari lebih dalam.

    Jangan lupakan pula bahwa esensi menjalankan ibadah di bulan puasa adalah menahan nafsu dan banyak berbagi. Latihlah diri Anda agar menjadi lebih baik, lalu jangan hentikan sifat positif ini bahkan setelah Ramadan berakhir.

  2. Jaga Asupan Makanan Serta Minuman

    image1

    Supaya tubuh terbiasa dengan menahan lapar dari sahur hingga berbuka, Anda harus mulai membiasakan dengan cara memperhatikan asupan makan serta minuman. Mulailah dengan memilih asupan makanan bergizi, lalu penuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari.

    Asupan bergizi seimbang adalah salah satu kunci utama pola hidup sehat. Lewat makanan yang sehat misalnya, kebutuhan makronutrisi serta mikronutrisi Anda akan terpenuhi dengan baik. Isi menu makan utama dengan karbohidrat secukupnya, protein, serat, serta lemak sehat.

    Jangan pula melupakan kebutuhan cairan tubuh. Secara umum, pria membutuhkan 2.5–2.6 liter air atau sekitar 8 gelas air putih setiap hari. Sedangkan wanita perlu mengisi 2.3 liter air atau setara 7 gelas. Perkiraan ini tentu akan berbeda-beda sesuai kebutuhan setiap individu.

  3. Olahraga dan Istirahat Teratur

    image2

    Siapa bilang, persiapan menyambut Ramadhan tak perlu memerhatikan olahraga teratur? Justru dengan aktivitas fisik secara rutin, tubuh Anda akan lebih siap dalam mengatasi rasa capek akibat menahan asupan makan dan minum selama satu hari penuh.

    Ya, olahraga teratur membutuhkan komitmen dan disiplin. Lakukan setidaknya 3 kali seminggu selama 20 sampai 30 menit pada setiap sesi. kombinasi kardio seperti jalan santai, lari, berenang, atau latihan beban seperti push-up, sit-up, dan plank, bisa Anda lakukan dari sekarang.

    Aktivitas fisik yang rutin, perlu diimbangkan dengan istirahat secara teratur. Perhatikan jam tidur dan intensitas sehari-hari Anda, jangan sampai melebihi kapasitas. Istirahat setidaknya 6 sampai 8 jam per hari, usahakan untuk tidak kurang ataupun lebih.

Terapkan persiapan bulan Ramadhan di atas, lakukan ibadah secara optimal agar barokah. Jadikan momen ini sebagai ajang agar menjadi pribadi yang lebih baik, tenang, serta jauh dari sifat-sifat buruk. Sambil mempersiapkan ucapan lebaran, yuk terapkan tips di atas!

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...