Skip to main content

3 Pilihan Es Krim Unik Bercita Rasa Khas Indonesia

3 Pilihan Es Krim Unik Bercita Rasa Khas Indonesia

Di saat cuaca panas seperti ini, paling nikmat menikmati es krim yang dingin. Di Indonesia, es krim hadir dalam beragam tampilan dan rasa. Uniknya, es krim berpadu dengan bahan dan olahan khas Indonesia, sebut saja kelapa, durian, hingga rujak. Berikut tiga pilihan kreasi es krim yang bercita rasa khas Indonesia.

image0

Es Krim Durian

Bersiaplah wangi buah berduri menyelusup masuk ke lubang hidung ketika memasuki areal parkir Rumah Durian Harum. Di dekat pintu masuknya pun terdapat replika buah durian. Seperti penjaga yang siap menyambut para pengunjung.

Salah satu menunya adalah Es Krim Duren Keren. Warna cokelat dari susu kental membaluri kudapan dingin bertekstur kasar ini. Warna merah juga menghiasi es krim rasa vanila ini. Namun warna-warna itu kemudian bercampur. “Es krim terbuat dari susu vanila mas. Warna merahnya dari sirup. Nah daging duriannya ini juga yang bikin istimewa. Legit mas," kata Alan, sang pemilik Rumah Durian Harum.

Jika ingin mencicipi es durian keren dan beberapa sajian olahan lain, Anda dapat menuju Jl. Raya Panjang No. 29, Jakarta Barat atau yang dikenal dengan Perempatan Pos Pengumben. Harga segelas es durian keren dihargai dengan harga Rp 20.000. Resto durian ini buka setiap hari mulai dari jam 11.00 hingga 22.00 WIB.

image1

Es Krim Air Kelapa dan Kurma

Salah satu sajian makanan yang diolah dari bahan kurma terdapat di rumah makan Kampung Laut di Jalan Tubagus Ismail Raya Nomor 25, Bandung, Jawa Barat. Menu itu bernama Choco Kurma.

Choco Kurma dihidangkan di atas batok kelapa muda. Sajian ini tidak saja menjadikan kurma sebagai topping, melainkan diolah menjadi es krim. Ketika es krim tercecap di lidah, justru mengingatkan pelahapnya tentang rasa karamel atau kopi, tetapi dengan tekstur kelembutan yang berbeda.

Topping kurma yang telah dibuang bijinya pun menyajikan rasa manis yang mantap. Di atas es krim, terdapat krim cokelat sebagai tambahan manis. Kelembutan es krim kurma berpadu dengan es krim stroberi yang manis, seimbang dengan kadar manis yang tersaji pada kurma.

Bahkan, air kelapa muda yang memiliki sensasi asam segar menjadi sensasi yang menyempurnakan kedua es krim ini. Lebih menarik lagi, parutan kelapa muda diserut sedemikian rupa hingga memiliki bentuk mi.

image2

Rujak Es Krim

Di Yogyakarta ada sebuah kudapan yang cukup gampang dijumpai, yakni rujak es krim. Dan, salah satu wilayah Yogyakarta yang cukup banyak penjual rujak es krim adalah area Pura Pakulaman Yogyakarta.

Di area itu pula ada seorang pelopor pejual rujak es krim yang telah menjajakan rujak es krim sejak tahun 1990, yakni Paino. Hampir sama dengan rujak pada umumnya, yang berisikan buah-buahan, hidangan rujak es krim juga berisikan serutan mentimun, mangga, kedondong, pepaya, nanas, bengkoang, disiram dengan sambal kemudian diberi topping es krim.

Beberapa bahan baku yang digunakan untuk membuat sambalnya adalah asam jawa, kencur, gula jawa, cabai dan sedikit air. Cita rasa dari rujak es krim ini cukup unik, perpaduan rasa pedas, asam, manis dari rujak serut, berpadu dengan rasa es krim (es puter berbahan dasar santan) yang teksturnya lembut, dingin dan segar.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top