(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

3 Pulau Mini nan Eksotis di Pulau Belitung

Liani
Liani

3 Pulau Mini nan Eksotis di Pulau Belitung
WinNetNews.com - Belitung memang menawarkan panorama yang unik. Pemandangan batu-batu besar di pantai-pantai Belitung cukup langka anda temui di pantai kebanyakan. Sebab itu, Belitung cukup layak untuk masuk dalam daftar keindahan di Indonesia, yang layak anda nikmati, bila waktu liburan tiba.

Bila dari Jakarta, waktu tempuh dari Bandara Cengkareng menuju Bandara H.A.s Hanandjoeddin, di Tanjung Pandan hanya membutuhkan waktu sekitar 50 menit. Setelah mendarat, Tanjung Kelayang bisa menjadi tujuan awal untuk anda berpetualang di tanah yang kini berjuluk bumi "Laskar Pelangi" ini.

Ditempuh dengan bus, dari bandara di Tanjung Pandan ke Tanjung Kelayang, hanya berjarak sekitar 27 kilometer.

Waktu yang dibutuhkan kira-kira sekitar 40 menit perjalanan.

Setidaknya ada tiga pulau yang bisa anda lihat, dua di antaranya asyik untuk disinggahi. Pulau yang pertama adalah ;

image0

Pulau Burung,  Pulau ini bisa didekati hanya dengan sekitar lima menit berlayar. Disebut Pulau Burung karena terdapat satu batu yang tampak seperti burung sedang bertengger di atas batu besar. Pulau ini memang sangat mini, dan terlampau berbatu. Hanya sedikit area pasir yang bisa dipijak. Tujuan berikutnya adalah,

image1

Pulau Batu Berlayar, sekitar 15 menit perjalanan dari pantai Tanjung Kelayang. Di sini, beberapa batu berdiri. Ukurannya bila dikira-kira bisa mencapai sekitar lima meter. Batu-batu yang tertidur juga ada beberapa. Pengunjung pulau rata-rata tidak melewatkan kesempatan untuk menikmati pemandangan laut dari atas batu.

Hanya saja, beberapa di antaranya ditumbuhi fosil kerang yang tajam, sehingga pengunjung perlu berhati-hati agar tidak menginjak atau menendangnya.

Perjalanan island hopping, atau mengunjungi satu pulau ke pulau lain, dari Tanjung Kelayang umumnya diakhiri dengan menjejakan kaki di Pulau Lengkuas

image2

Pulau Lengkuas, Di pulau yang luasnya sekitar satu hektare ini terdapat penangkaran penyu, dan mercusuar zaman Belanda (1882) yang masih aktif sampai sekarang. Di lokasi ini wisatawan juga bisa snorkling di pinggir pulau.

Total waktu perjalanan sekitar 30 menit dari Tanjung Kelayang. Untuk mencapai lokasi ini. Pulau Lengkuas juga bisa ditempuh dari Tanjung Bingak dan Tanjung Tinggi, tempat syuting Laskar Pelangi. Namun waktu tempuhnya lebih lama sekitar 10-20 menit.

Di Pulau Lengkuas, anda bisa menikmati sajian kelapa muda dan sekadar jajanan seperti mie instan yang dijajakan kedai kecil di pulau ini.

Keberadaan kedai kecil di sana cukup membantu wisatawan untuk sekadar berteduh dan menghilangkan dahaga. Maklum, di musim kemarau, suhu cukup panas.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});