Skip to main content

3 Rute Baru Bus TransJabodetabek

3 Rute Baru Bus TransJabodetabek
3 Rute Baru Bus TransJabodetabek

image0

Jakarta - Bus TransJabodetabek rute Depok-Grogol, Poris Plawad Tangerang-JIExpo Kemayoran dan Harapan Indah Bekasi-Pasar Baru direncanakan beroperasi hari ini dengan tarif Rp 10 ribu. Hal ini sedikit berbeda dengan yang disampaikan Dirut Perum PPD Pande Putu Yasa, yakni tarif untuk bus TransJabodetabek senilai Rp 9 ribu.

"Kalau ada rute yang Rp 9 ribu akan kami revisi segera. (Sekadar) Konfirmasi yang Rp 9 ribu itu untuk rute Ciputat-Blok M," terang Dirut PT Transportasi Jakarta ANS Kosasih melalui keterangan tertulis, Senin (24/8/2015).

Sebelumnya, rute bus TransJabodetabek Ciputat-Blok M sudah lebih dulu beroperasi sejak 1 Oktober 2014. Bus tersebut dioperasikan oleh Perum PPD yang melintas di jalur bus TransJ.

Adapun halte-halte yang dilalui bus TransJabodetabek sebagai berikut:

1. Rute Depok-Grogol

Depok-PGC 1-UKI-BNN-Cawang Ciliwung-Cikoko St Cawang-Tebet BKPM-Pancoran Tugu-Pancoran Barat-Tegal Parang-Kuningan Barat-Gatot Subroto Jamsostek-Gatot Subroto LIPI-Semanggi-Senayan JCC-Slipi Kemanggisan-Slipi Petamburan-RS Harapan Kita-S Parman Podomoro City-Grogol 2.

2. Rute Poris Plawad Tangerang-JIExpo Kemayoran

Poris Plawad Tangerang-S Parman Podomoro City-Grogol 2-Grogol 1-Sumber Waras-Harmoni-Pecenongan-Juanda-PS Baru Timur-JIExpo Kemayoran

3. Rute Harapan Indah Bekasi-Pasar Baru

Harapan Indah Bekasi-Ujung Menteng-Raya Bekasi Pulogebang-Pasar Cakung-United Tractors-Tipar Cakung-Raya Bekasi KIP-Bermis-Pulomas-ASMI-Pedongkelan-Cempaka Timur-RS Islam-Cempaka Tengah-Ps Cempaka Putih-Rawa Selatan-Galur-Senen-Atrium-RSPAD-Deplu-Gambir 1-Istiqlal-Pasar Baru

Kosasih menegaskan, khusus penumpang yang naik bus TransJabodetabek di sepanjang jalur busway tidak akan dikenakan tarif lagi. Sehingga, penumpang cukup bayar 1 kali di halte seharga Rp 3.500.

Namun apabila penumpang naik bus TransJabodetabek dari pertengahan halte ke tujuan akhir rute tersebut dikenakan 2 kali pembayaran, yakni Rp 3.500 untuk masuk ke dalam halte dan Rp 10 ribu untuk busnya. Sementara jika naik dari halte asal bus TransJabodetabek sampai halte akhir maka penumpang cukup bayar sekali dengan harga Rp 10 ribu saja.

"Penumpang TransJabodetabek yang naik/turun di luar koridor TransJakarta membayar tarif Rp 10 ribu. Penumpang yang transit di dalam koridor TransJakarta tidak ada biaya tambahan," lanjutnya.

Dari gambar yang diperoleh, dicontohkan untuk rute Depok-Grogol penumpang naik bus TransJabodetabek dari Halte Grogol-UKI dan PGC 1-Grogol cukup bayar Rp 3.500 dan untuk melanjutkan perjalanan sampai Halte Depok atau Halte Grogol (Depok-Grogol, Depok-PGC 1, UKI-Depok dan Grogol-Depok) penumpang harus membayar lagi Rp 10 ribu.

Untuk Halte Poris Plawad Tangerang-JIExpo Kemayoran juga demikian. Penumpang yang naik dari Halte JIExpo Kemayoran hingga halte transit S Parman Podomoro City cukup membayar Rp 3.500 dan untuk melanjutkan perjalanan sampai halte akhir Poris Plawad (Poris Plawad-S Parman Podomoro City, Poris Plawad-JIExpo Kemayoran dan S Parman Podomoro City-Poris Plawad) dikenakan tarif tambahan Rp 10 ribu.

Sementara untuk rute TransJabodetabek dari Harapan Indah Bekasi-Pasar Baru penumpang cukup bayar Rp 3.500 untuk perjalanan dari Halte Pasar Baru sampai Halte Ujung Menteng dan jika mau melanjutkan perjalanan sampai halte akhir Harapan Indah (Harapan Indah-Pasar Baru, Harapan Indah-Ujung Menteng dan Ujung Menteng-Harapan Indah) maka bayar lagi Rp 10 ribu.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top