3 Tips atasi Masalah Pemberian ASI Ekslusif pada Bayi Prematur

3 Tips atasi Masalah Pemberian ASI Ekslusif pada Bayi Prematur

Minggu, 24 Apr 2016 | 10:25 | kontributor

WinNetNews.com - Bagi shobat Winnet yang baru menikah atau akan segera dikaruniai momongan, pengetahuan seputar dede bayi sangat diperlukan, apalagi tentang pemberian ASI (Air Susu Ibu).

ASI sangat dibutuhkan bagi tumbuh kembang dede bayi. ASI ekslusif selain mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh dede bayi, juga bisa menurunkan risiko alergi, infeksi, obesitas anak, dan sindrom kematian mendadak.

Oleh sebab itu, disarankan unuk memberikan ASI ekslusif selama enam bulan pertama di kehidupan pertama si dede bayi ya Shobat Winnet! Karena itu pemahaman akan pemberian ASI eklusif itu sangat diperlukan.

Niat untuk memberikan ASI eklusif sudah ada, namun terkadang ada saja kendala yang dihadapi. Misalnya kamu harus melahirkan di usia kandungan prematur. Pemberian ASI ekslusif tentunya tak semudah pada bayi yang lahir normal.

Bayi prematur terkadang sistem tubuhnya belum terbentuk secara sempurna, sehingga fungsi organ tubuhnya masih lemah. Bahkan terkadang dede bayi yang prematur tubuhnya belum cukup kuat untuk menyusui, sehingga si dede bayi harus segera dibawa ke ruang NICU (Neonatal Intensive Care Unit).

Pada kondisi seperti ini, usaha untuk bisa segera menyusui memang cukup sulit. Mengingat tidak sedikit ibu yang dirinya sendiri masih berjuang untuk pulih pasca menjalani operasi caesar. Atau banyak juga ditemui, sang ibu sudah boleh pulang, tetapi si dede bayinya masih harus dirawat di rumah sakit.

Kalau sudah begini, kamu pasti akan kehilangan momen pertama pemberian ASI ekslusif. Hufffthh... sedih pasti rasanya. Tapi kamu masih bisa kok memberikan ASI ekslusif meskipun dede bayi mu lahir prematur. Ini dia caranya!

1. Rutin Memompa ASI Walau Tak Bertemu

image0

Alat pompa ASI, Botol Penyimpan ASI, & Lemari Freezer ASI - Sumber gambar, Sewafreezerasi

Meskipun kamu tidak bertemu dengan dede bayi mu, kamu harus tetap rutin memompa ASI. Kenapa? kegiatan ini bisa menjadi stimulus yang membuat produksi ASI tetap berjalan. Bila kamu tidak menyusui dan kamu biarkan ASI mu begitu saja tanpa dipompa, produksi ASI perlahan-lahan akan berkurang. Bahkan bukan tidak mungkin kamu bisa gagal memberikan ASI ekslusif.

Jika Asi sudah dipompa, kamu bisa masukan ke dalam botol ASI kemudian disimpan di dalam lemari pendingin dengan suhu tertentu. Biasanya dokter akan merekomendasikan kamu untuk rutin mengantarkan ASI ke rumah sakit untuk diberikan ke dede bayi. Oh ya.. jangan lupa kamu beri label dan tandai tanggal kamu memompa ASI di botol tempat penyimpanan ASI ya!

2. Tetap Tabah Memerah ASI

image1

Botol Susu ASI Diberikan Tanggal Memerah ASI agar Memudahkan Ibu ketika Memberikan pada Dede Bayi - Sumber Gambar, Carakita

Bukan tidak mungkin kamu akan jengkel lantaran ASI yang dipompa keluarnya tidak banyak. Tapi kamu harus sabar dan tetap tabah memerah ASI mu ya mom! Dalam kasus ini para ibu memang memerlukan waktu yang lama sebelum bisa menyusui sepenuhnya.

3. Gunakan Pompa Ganda

image2

Alat Pompa ASI Ganda - Sumber Gambar, Aufalactababy

Dikutip dari Archives of Disease in Childhood, ada tips yang bisa kamu lakukan sebagai seorang ibu dengan kelahiran bayi prematur. Supaya produksi ASI melimpah, sebaiknya kamu gunakan pompa ganda. Pompa ganda akan membuat payudara kiri dan kanan mendapatkan stimulasi secara bersamaan.

Penggunaan pompa ganda dapat meningkatkan produksi ASI di tiap payudara lebih banyak sekitar 104 gram dibanding menggunakan pompa ASI sebelah-sebelah. Meskipun tidak ada pompa yang bisa bekerja sesempurna mulut bayi dengan daya hisap dan gerakan mekanis di mulutnya, tetapi cara ini bisa kamu coba untuk membantu mingkatkan produksi ASI.

Baca juga: Winners, Yuk Kenali 5 Jenis & Penyebab Benjolan Payudara Berikut ini!

Itulah 3 tips untuk atasi masalah pemberian ASI ekslusif pada dede bayi yang lahir prematur. Bagi kamu yang belum punya dede bayi, semoga 3 tips di atas bisa menambah wawasan bagi Shobat Winnet.

Bagi kamu yang sudah punya dede bayi dan mengalami masalah dalam pemberian ASI ekslusif, bisa mencoba 3 tips di atas. Jangan lupa perhatikan kebersihan alat pompa, tabung penyimpanan susu, lemari pendingin untuk menyimpan susu, empeng dan botol susu si dede bayi! Tetap jaga kesehatan ya Shobat Winnet! Selamat mencoba!

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...