3 WNI di Korsel Ditangkap, Diduga Terlibat ISIS

3 WNI di Korsel Ditangkap, Diduga Terlibat ISIS

Jumat, 15 Jan 2016 | 11:39 | Liani

WinNetNews.com - 3 Warga Negara Indonesia (WNI) ditangkap di Korea Selatan (Korsel) karena diduga terkait dengan ISIS. Pemerintah akan memantau terus perkembangan ketiga WNI tersebut.

"Kita juga sedang mempunyai masalah. Ada 3 TKI kita di korea hari ini sedang ditangkap oleh pihak aparat keamanan dan dituduh masuk bagian dari jaringan ISIS/teroris," ujar Kepala BNP2TKI Nusron Wahid di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (15/1/2016).

Nusron mengatakan penangkapan itu merupakan peringatan bagi pemerintah dan akan terus memonitor perkembangan kasus tersebut dan memantau seluruh TKI secara keseluruhan.

"Memang penetrasi-penetrasi yang dilakukan oleh kelompok ini sangat begitu efektif dan begitu agresif," ucapnya.

Salah satu cara untuk mengantisipasi merebaknya gerakan deradikalisasi dengan memunculkan pemahaman gerakan agama dan paham ke-Indonesiaan kepada para TKI khususnya yang berada di Timur Tengah dan Asia Pasifik.

Pada kesempatan itu, dirinya menambahkan bahwa sejak tahun 2012, tidak ada lagi TKI yang dikirim menuju Suriah. Masih banyaknya TKI yang berada di Suriah saat ini dikarenakan banyak majikan dari para TKI yang merupakan simpatisan dari ISIS.

"Yang kemudian mereka menjadi ikut pada kelompok itu tidak terpungkiri. Tapi kalau jumlahnya kita belum bisa identifikasi," kata Nusron.

 

Dilansir dari laman detik

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...