4 Cara Agar Terhindar dari Bau Mulut saat Pakai Masker
Foto: Unsplash/Pille Riin Priske

4 Cara Agar Terhindar dari Bau Mulut saat Pakai Masker

Selasa, 28 Jul 2020 | 18:15 | Nurul Faradila
Winnetnews.com -  Apakah kamu pernah mencium bau tidak sedap saat sedang memakai masker? Kemungkinan besar, bau tersebut berasal dari mulut kita sendiri lho. Bau mulut ini, tentu saja menganggu indera penciuman kita dan menimbulkan perasaan tidak nyaman saat sedang menggunakan masker.

Mark S. Wolff, seorang dokter gigi dan dekan Fakultas Kedokteran Gigi Pennsylvania telah melakukan riset selama beberapa tahun untuk mencari tahu kenapa napas kita bisa bau. Dia pun menjelaskan hal ini, dalam wawancara yang dilakukannya dengan South China Morning Post.

“Itu seperti kita meletakkan tangan di depan wajah untuk mengecek napas, tapi itu berada di sana setiap waktu.

Dilansir dari Asia One, mulut kita sudah dipenuhi oleh bakteri yang ditinggalkan dari makanan yang telah kita konsumsi, dan tersembunyi di balik gigi, bawah gusi, di balik lidah dan di sinus kita. Selain itu, juga terdapat bakteri alami yang memang hidup di mulut.

Seorang konsultan yang bekerja di National Dental Centre Singapore’s Department of Restorative Dentistry menjelaskan, bahwa udara lembap yang diisi dengan bakteri diproses ketika kita bernapas. Terutama melalui mulut kita, dan ia teperangkap di dalam masker yang digunakan. Ketika mengering, maka berpotensi untuk meninggalkan bau pada masker. Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara agar tidak bau mulut saat menggunakan masker.

Bernapas lebih sedikit dengan mulut

Kita mungkin secar atidak sadar menggunakan mulut untuk bernapas lebih banyak saat menggunakan masker atau ketika menutup hidung. Ini juga terjadi saat sedang flu. Jika terlalu banyak bernapas dengan mulut, maka akan membuat mulut kita kering, lalu membuat napas kita jadi bau.

Tetap terhidrasi

Berbicara terlalu banyak dapat membuat mulut kita kering. Air liur diketahui memiliki efek ‘mencuci’ dan karenanya orang yang berbicara terlalu banyak, cenderung bau mulut. Selain itu, kita juga bisa mengatasi masalah ini dengan rajin mengonsumsi air putih agar mulut tetap terhidrasi.

Perhatikan pola diet

Agar mulut kkta tidak mengeluarkan bau tidak sedap saat menggunakan masker, cobalah untuk memerhatikan pola diet yang sedang dilakukan. Ini juga termasuk untuk diet rendah karbohidrat atau tidak sama sekali, serta diet tinggi protein. Keduanya menghasilkan tubuh yang memecah lemak untuk energi alih-alih karbohidrat, sehingga timbul zat kimia yang berbau.

Bersihkan lidah

Selain menggosok gigi, kita juga harus rutin untuk membersihkan bagian mulut yang lainnya. Membersihkan lidah juga dapat secara signifikan mengurangi bau tak sedap karena sebagian besar bakteri bersarang di lidah. Tidak ada salahnya juga untuk menggunakan obat kumur anti bakteri secara teratur, agar napas tetap harum.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...