4 Cara Bagaimana Nabung di Usia Muda

4 Cara Bagaimana Nabung di Usia Muda

Rabu, 15 Jun 2016 | 23:15 | Kontributor 3
Winnetnews.com – Kalo kamu merupakan salah satu orang yang tergolong paling susah pegang uang. Pastinya kamu harus mulai belajar deh untuk nabung. Pada praktiknya, menabung memang bukan hal yang mudah dilakukan bagi sebagian orang. Seringkali sebagian orang membelanjakan uang untuk kebutuhan dan keinginannya tanpa ada yang dialokasikan untuk menabung.

Kebiasaan menabung bahkan sudah diajarkan sejak bangku sekolah dasar. Nah, sebelum uang atau gaji bulananmu habis setiap bulan, yuk cek beberapa tips di bawah ini yang mungkin bisa kamu coba.

1. Tetapkan tujuan dari menabung

Sebelum menabung, ada baiknya kamu menetapkan tujuan menabungmu. Uang yang kamu sisihkan bisa dimaksudkan untuk simpanan jangka panjang atau untuk mewujudkan hal yang kamu impikan. Target seperti ini akan menjadi motivasi tersendiri yang akan mendorong kamu untuk menabung dengan rutin. Apabila kamu menggunakan celengan, kamu juga bisa lho menuliskan tujuan menabung pada celengan tersebut.

2. Sisihkan uang tabungan sebagai prioritas

Ketika menabung telah menjadi prioritasmu, maka uang atau gaji bulanan yang kamu terima akan dialokasikan untuk tabungan terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa mulai mengurangi kebiasaan menabung hanya kalau ada uang sisa saja. Kalau menunggu sisa, bisa jadi malah kamu tidak menabung sama sekali. Dengan menyisihkan uang inilah kamu akan jadi lebih disiplin dan berkomitmen pada kebiasaan menabung.

3. Gunakan rekening yang terpisah

Membuat dua rekening yang terpisah bisa jadi trik yang kamu gunakan untuk menabung. Apabila memungkinkan, pilih satu rekening tabungan tanpa potongan dan tidak membuat ATM. Rekening satunya baru digunakan untuk uang bulanan yang digunakan untuk belanja kebutuhan dan keinginan.

Selain rekening bank, kamu juga bisa menggunakan celengan di rumah. Bosan dengan bentuk celengan yang itu-itu saja? Kamu bisa membuat celengan sendiri yang kreatif, misalnya dengan toples yang diberi hiasan kain flanel, kertas lipat dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa beli tabungan yang lucu untuk meningkatkan motivasi menabungmu.

4. Buat komitmen nabung dengan nominal tertentu

Siasati cara menabung dengan berkomitmen menggunakan nominal uang tertentu secara rutin, misalnya Rp 50 ribuan atau Rp 100 ribuan. Untuk menjalankannya, kamu perlu konsisten untuk menyisihkan uang setiap harinya.

Setiap menemukan uang receh atau pecahan tertentu, segera masukkan ke tabungan. Buat janji dengan diri sendiri untuk selalu menabung setiap mendapat atau menemukan uang dalam pecahan tersebut.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...