4 Cara Rawat Furnitur agar Terbebas dari Jamur

Contributor-7
Contributor-7

4 Cara Rawat Furnitur agar Terbebas dari Jamur

WinNetNews.com - Banyak orang cenderung lebih menyukai dan memilih furnitur berbahan dasar kayu dengan berbagai alasan dan keunggulan yang ditawarkan. Namun, tanpa disadari sebenarnya furnitur berbahan dasar kayu memiliki umur yang lebih pendek dibandingkan dengan furnitur berbahan logam.

Salah satu penyebabnya adalah jamur. Ya, jamur merupakan salah satu penyebab furnitur berbahan dasar kayu tidak bisa bertahan lama. Timbulnya jamur bisa disebabkan karena perawatan yang kurang maksimal sehingga membuat pori-pori furnitur menjadi lembab.

Anda mungkin tidak pernah menyangka, kegiatan seperti menyeka atau membersihkan meja dengan kain basah atau menjatuhkan cairan dapat mengakibatkan kayu menjadi basah dan lembab kemudian menimbulkan jamur.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan agar furnitur Anda terbebas dari serangan jamur seperti yang dilansir dari Boldsky berikut ini.

1. Jaga Lingkungan Tetap Bersih

Jamur tidak hanya berkembang di dalam rumah, melainkan di luar rumah. Untuk itu, jaga selalu kebersihan rumah baik di dalam ataupun di luar seperti membersihkan jalan, taman, dan daerah pintu agar jamur tidak terbang dan memasuki area rumah Anda.

2. Bersihkan Selalu dari Kelembaban

Jika Anda tidak sengaja menjatuhkan noda ke atas permukaan furnitur, segera bersihkan noda tersebut. Jangan biarkan furnitur Anda dalam keadaan lembab. Karena hal tersebut dapat mengundang timbulnya jamur untuk tumbuh dan berkembang. Tidak hanya berbahaya bagi furnitur, tetapi jamur ini juga bisa berbahaya bagi kesehatan karena dapat mengganggu udara di sekitar dan saluran pernafasan Anda.

3. Gunakan Alat-alat Untuk Membersihkan Jamur

Gunakan sarung tangan, vacuum cleaner, deterjen, dan kain pel untuk membantu Anda membersihkan jamur.

4. Bersihkan Jamur Kering

Membersihkan jamur kering yang berbentuk seperti bubuk dapat dilakukan dengan cara mengumpulkannya pada kantong dan membuangnya dengan hati-hati. Jangan sampai jamur tersebut berserakan sehingga menempel pada furnitur lainnya.

Jangan lupa, pastikan juga rumah Anda memiliki ventilasi yang baik sehingga udara dapat mengalir ke dalam ruangan dan terhindar dari lembab yang mengundang jamur.

Apa Reaksi Kamu?