4 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Agar Instagram Tidak Toxic

Nurul Faradila

Dipublikasikan 3 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

4 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Agar Instagram Tidak Toxic
Sumber: Unsplash

Winnetnews.com - Instagram sering kali dianggap sebagai salah satu media sosial yang toxic. Sebab, dalam media sosial ini, terkadang kita menemukan bullying serta perkelahian-perkelahian antar warganet. Selain itu, rasa untuk membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain pun cukup tinggi. 

Dirangkum dari Cosmopolitan, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan agar instagrammu tidak toxic.

Follow akun yang mampu membangun kepercayaan diri
Instagram merupakan platform yang biasa digunakan oleh penggunannya untuk membagikan video ataupun foto. Menurut penelitian dari Royal Society for Public Health, unggahan instagram dapat membuat seseorang menjadi cemas, depresi, FOMO (fear of  missing out), termasuk mempengaruhi ekspetasi seseorang tentang bentuk tubuhnya.

Jika kamu mengikuti orang-orang yang membuatmu tidak percaya diri, sebaiknya mulailah mencari orang yang bisa membuatmu merasakan yang sebaliknya. 

Fitur 'mute' tersedia karena alasan ini
Fitur mute di Instagram bisa menghilangkan unggahan orang dari timeline mu. Kamu masih bisa melakukan komunikasi dan tetap mengikuti orang yang kamu mute tersebut. Jadi, ketika ada orang-orang yang sering menggunggah sesuatu yang menurutmu toxic, kamu bisa mem-mute orang tersebut tanpa harus mengunfollownya.

image0

Jangan takut untuk unfollow
Kalau mute saja tidak cukup, kamu bisa mulai unfollow orang-orang yang dirasa toxic. Alasan seperti postingannya yang menganggu, bikin kesal, dan tidak berfaedah, dapat kamu jadikan alasan kenapa kamu harus mengunfollow dia.

Jangan takut untuk block
Jika kamu merasa kelakuannya sudah diluar batas, seperti sering mengirim pesan yang menganggu, melecehkan, atau sering mengunggah hal-hal yang berbau SARA. Sebaiknya kamu memblock mereka. Setelah diblock baik kamu dan dia, tidak bisa melihat akun satu sama lain.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...