4 Fakta Pembebasan Abu Bakar Baasyir

Aldina Putri Nst
Aldina Putri Nst

4 Fakta Pembebasan Abu Bakar Baasyir tribunnews

WinNetNews.com - Seperti yang kita ketahui napi terorisme, pimpinan Jamaah Anshorut tauhid Abu Bakar Baasyir akan dibebaskan dari lapas Gunung Sindur, Bogor.

"Insyaallah menurut janji Yusril atau Presiden, dalam waktu minggu depan. Caranya belum disampaikan, berbagai cara wewenang pemerintah," ujar utusan Presiden Jokowi, Yusril Ihza Mahendra pada saat jumpa pers di kantornya, Fatmawati, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Abu Bakar Baasyir ini telah divonis dengan hukuman 15 tahun penjara oleh hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Nah, disini ada beberapa fakta mengenai pembebasan Abu Bakar Baasyir dari penjara.

1. Bebas tanpa Syarat


Sumber foto: tribunnews

Ketika menjalani hukuman, Baasyir sebenarnya memilki hak untuk mendapatkan bebas bersyarat sejak 13 Desember tahun lalu. Karena ia telah menjalani dua per tiga dari masa hukuman selama 15 tahun penjara. Serta, ia juga mendapatkan remisi selama 36 bulan.

2.Dengan Alasan Kemanusiaan

Sumber foto: jurnalislam.com

Karena Baasyir sudah tercatat beberapa kali keluar masuk rumah sakit dengan kondisi kesehatan yang menurun selama menghuni lembaga pemasyarakatan di 9 tahun terakhir ini.

3. Baasyir Menyambut Gembira Kebebasannya

Sumber foto: nasional.tempo.co

"Perasaannya ya bersyukur kepada Allah. Kalau Allah memang nanti mengizinkan, bisa jadi bersyukur kepada Allah," ujar Baasyir.

4. Masih Dalam Proses Administrasi

Sumber foto: tribunnews.com

Pihak Lapas Gunung Sindur sedang menunggu surat perintah dari Kementerian Hukum dan HAM mengenai pembebasan Baasyir.


Kabarnya, Abu Bakar Baasyir berencana akan langsung kembali ke rumah keluarganya di Ngruki, ketika masalah administrasi lengkap.

Apa Reaksi Kamu?