4 Hal yang Perlu Diperhatikan Generasi Sandwich agar Tak Alami Krisis Keuangan
Foto: bacp.co.uk

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Generasi Sandwich agar Tak Alami Krisis Keuangan

Rabu, 29 Jul 2020 | 14:00 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Generasi sandwich adalah sebuah kondisi di mana seorang anak memiliki tanggung jawab secara finansial kepada orang tuanya. Tanggung jawab secara finansial ini, terkadang dapat membebani mereka yang merupakan bagian dari sandwich generation. Jika hal ini tidak dipenuhi, sejumlah orang akan merasa bersalah dan merasa tidak berbakti. Padahal, tidak ada keharusan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Apalagi jika kondisi keuangan kita sendiir masih belum stabil.

Agar kondisi keuangan bisa tetap aman dan bisa membantu kondisi keuangan orang tua, tidak ada salahnya para generasi sandwich menerapkan beberapa tips di bawah ini.

Bijak saat berbelanja

Kita memang mudah tergoda dengan sebuah barang yang dijual dengan harga murah dan bentuknya yang menarik. Ada baiknya, kita lebih bijaksana dalam memilah keuangan dan mengurangi kebutuhan yang tidak terlalu penting. Sebisa mungkin kita harus bisa mengefisienkan pengeluarnya yang bersifat sekunder. Ketika akan berbelanja, selalu pastikan bahwa barang tersebut memang benar-benar sedang kita butuhkan.

Prioritaskan kebutuhan pribadi

Meskipun kita ingin membantu orang tua, namun tidak ada salahnya untuk memprioritaskan kebutuhan pribadi sendiri terlebih dahulu. Dengan begitu, kita bisa mewujudkan segala kebutuhan yang ingin dicapai. Supaya tidak mengalami krisis keuangan, kita sebaiknya membagi daftar pengeluaran ke dalam beberapa jenis bagian. Pertama, untuk kebutuhan utama. Kedua, sisihkan penghasilan sekitar 5-10 persen untuk dana darurat. Ketiga, kita bisa menyisihkan uang untuk diberikan kepada orang tua jika semua hal sudah aman.

Pisahkan uang yang akan diberikan untuk orang tua

Jika memberikan uang kepada orang tua menjadi prioritas mu, maka kita bisa memasukkan mereka ke dalam pengeluaran setiap bulan. Hal ini dilakukan agar kebutuhan tetap bisa terpenuhi dengan baik.

Mendiskusikan kondisi keuangan dengan orang tua

Akan tetapi, jika ingin membantu orang tua secara finansial namun tidak yakin bisa melakukannya setiap bulan, kita bisa mendiskusikan masalah itu kepada orang tua. Ceritakan secara jujur kondisi keuangan dan kebutuhan apa yang ingin kamu penuhi. Selain itu, berikan juga pengertian kepada mereka bahwa kita akan tetap berusaha untuk membantu dan meminta pengertian mereka, karena kondisi keuangan kita yang pas-pasan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...