(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

4 Jenis Makanan Penting Di Asupan Harian

Jewel Hendra
Jewel Hendra

4 Jenis Makanan Penting Di Asupan Harian

Kesehatan adalah satu faktor yang penting di kehidupan setiap orang. Kita menginginkan hidup yang sehat. Anak-anak perlu perhatian ekstra karena mereka masih dalam pertumbuhan. Makanya itu, mereka perlu nutritsi atau gizi yang cukup yang sesuai dengan asupan seharian mereka. Jika kekurangan nutrisi, beberapa masalah kesehatan seperti kekurangan gizi bisa dialami. 

Pantauan Status Gizi (PSG) 2017 dari Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa bayi usia di bawah lima tahun (Balita) yang mengalami masalah gizi pada 2017 mencapai 17,8%. Jumlah tersebut terdiri dari 3,8% yang mengalami gizi buruk dan 14% gizi kurang. Malnutrisi atau kekurangan gizi disebabkan oleh kekurangan nutrisi ini dalam tubuh. Fungsi zat seperti vitamin A, B, C dan D membantu perkembangan dan fungsi organ penting dalam tubuh. Ketika kita masih dalam pertumbuhan, nutrisi yang cukup harus dikonsumsi. Ini adalah sama dengan mengatakan bahwa anak-anak perlu cukup nutrisi untuk tumbuh dengan baik untuk menjadi dewasa. Ketika tidak cukup nutrisi dikonsumsi oleh tubuh, kekebalan tubuh bisa melemah dan kita bisa mudah jatuh sakit.

Anak-anak yang mengalami kekurangan gizi bisa stunted (kerdil), wasted (kurus) dan mempunyai Kurang Energi Kronis (KEK). Pola makan mereka bisa saja tidak teratur atau sehat. Jika anak-anak makan mie instan setiap hari atau memakan sekali dalam sehari, ini tidak sehat karena beberapa vitamin dan mineral yang tidak cukup untuk asupan harian. Anemia bisa dialami anak-anak jika kekurangan zat besi. 

Inilah beberapa makanan yang kaya vitamin dan mineral di dalam asupan hari anak:

1.       Buah & Sayur

Buah dan sayur mengandung banyak vitamin, mineral dan serat yang baik untuk tubuh: vitamin A, C and E magnesium, zinc, phosphorous and folic acid. Diet yang tinggi buah dan sayur bisa membantu cegah kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Pencernaan juga bisa dibantu oleh mengkonsumsi banyak buah dan sayur.
 

2. Karbohidrat

Banyak makanan karbohidrat kaya fibre atau serat, komponen penting untuk kesehatan usus. Metabolisme yang lebih baik bisa terjadi jika banyak karbohidrat dikonsumsikan. Karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh. Beberapa sumber karbohidrat adalah nasi, kentang dan sereal.  

3. Protein

Selain lemak dan karbohidrat, tubuh membutuhkan jumlah protein yang relatif besar. Tubuh Anda menggunakan protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan. Beberapa sumber protein adalah telur, daging dan ikan. 

4. Susu

Susu dan produk susu seperti yogurt dan keju adalah sumber protein, kalsium dan vitamin yang baik untuk tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian, kebanyakan orang harus mengkonsumsi dua hingga tiga gelas susu atau porsi produk susu setiap hari. 

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});