4 Masalah Kesehatan yang Bisa Muncul dari Konsumsi Minyak Sayur
Ilustrasi Minyak Kelapa ( Photo  News )

4 Masalah Kesehatan yang Bisa Muncul dari Konsumsi Minyak Sayur

Minggu, 29 Sep 2019 | 12:52 | Muchdi

Winnetnews.com -  Selama ini, minyak sayur selalu dihubungkan sebagai pilihan minyak yang lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi. Bahan dasarnya yang terbuat dari sayur menjadikan jenis minyak ini dianggap lebih aman dan banyak disukai.

Minyak sayur ini bisa berasal dari berbagai tanaman seperti canola, kelapa, jagung, zaitun, kelapa sawit, kedelai, bunga matahari, atau safflower. Berbagai jenis minyak tersebut cenderung lebih mudah dijumpai di pasaran dan memiliki harga lebih murah.

Selain untuk memasak dan membuat kue, terdapat sejumlah penggunaan lain dari minyak sayur pada kehidupan sehari-hari. Minyak ini biasa digunakan sebagai saus, margarin, dressing salad, produksi biodiesel, dan produk industri lain.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa minyak kelapa bisa meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh. Pada minyak zaitun, konsumsi minyak jenis ini diketahui bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Walau memiliki sejumlah manfaat, terdapat dampak buruk yang dapat muncul dari konsumsi minyak sayur jenis tertentu. Produk ini biasanya mengalami proses sehingga terpapar sejumlah bahan kimia. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah dampak yang bisa ditimbulkan oleh minyak sayur.

1. Peradangan

Minyak sayur mengandung asam lemak omega-6 dalam jumlah besar sehingga bisa menyebabkan munculnya peradangan. Minyak ini juga diketahui bisa berubah menjadi buruk ketika terekspos panas dan memproduksi radikal bebas yang bisa memicu peradangan dan merusak sel tubuh.

2. Sejumlah Penyakit

Minyak sayur yang mengalami proses hidrogenasi dihubungkan dengan sejumlah masalah kesehatan. Tingginya tingkat lemak pada minyak ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, obesitas, serta kanker jenis tertentu.

3. Hilang Ingatan

Minyak sayur brominasi merupakan bentuk lain dari produk ini dalam bentuk minuman ringan. Penelitian terdahulu mengungkap bahwa minyak ini bisa menyebabkan hilang ingatan serta masalah pada kesehatan jantung, liver, dan tiroid. Hal ini juga diketahui dapat menimbulkan sakit kepala dan kelelahan.

4. Alternatif dari Minyak Sayur

Terdapat sejumlah minyak sayur yang lebih sehat dibanding jenis lainnya. Kamu bisa memilih untuk mengonsumsi minyak zaitun extra-virgin, minyak kelapa, minyak avokad, dan ghee sebagai pengganti minyak sayur lain yang berpotensi berbahaya.

Sejumlah produk ini bisa memberikan manfaat kesehatan yang beragam. Sebagai contoh, minyak ini bisa meningkatkan kesehatan jantung, metabolisme, dan fungsi otak lebih baik.

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di Merdeka.com dengan judul "Sejumlah Masalah Kesehatan yang Bisa Muncul dari Konsumsi Minyak Sayur"

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...