4 Serial Televisi Ini Angkat Isu Kesehatan Mental

Nurul Faradila
Nurul Faradila

4 Serial Televisi Ini Angkat Isu Kesehatan Mental Serial Televisi Kesehatan Mental (sumber: thesource.com)

Winnetnews.com - Masyarakat di Indonesia masih sering menganggap kesehatan mental sebagai salah satu hal yang tabu. Padahal masalah ini bukanlah hal tidak boleh disepelekan. Jika ingin menambah wawasan mengenai kesehatan mental, kamu bisa menonton beberapa serial televisi di bawah ini, yang menjadikan kesehatan mental menjadi tema utama jalan ceritanya. Yuk, simak!

1. Jessica Jones

Dalam serial televisi yang ada di Netflix ini, kamu bisa mempelajari mengenai Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD). Serial ini menceritakan Jessica Jones, seorang private investigator dengan kekuatan super yang memiliki masa lalu yang traumatis. Orang tua dan adiknya meninggal akibat kecelakaan mobil saat ia masih kecil, dan Jessica pun mengalami koma akibat kecelakaan itu. Setelah sadar, ia diadopsi oleh Dorothy Walker yang ternyata suka memukulinya. Saat ia tumbuh dewasa, Jessica bertemu dengan Kilgrave seorang pria yang juga memiliki kekuatan super. Pada awalnya mereka akrab, hingga akhirnya Kilgrave meminta Jessica untuk melakukan suatu misi yang membekas di hatinya.

Dengan menonton serial ini, kamu bisa memahami bagaimana sebuah pengalaman traumatis dapat meninggalkan luka yang dalam dan sangat memengaruhi hidup manusia.

2. This Is Us

Serial satu ini, menceritakan tentang tiga saudara dengan kehidupan yang berbeda, Kevin adalah seorang aktor yang kecanduan opioid; Kate yang tidak percaya diri dengan tubuhnya; dan Randall yang mengidap gangguan kecemasan alias anxiety disorder. Biasanya laki-laki masih merasa malu jika harus menunjukan keemosionalan diri mereka. Namun, dalam This Is Us, dapat dilihat karakter seorang laki-laki yang memiliki gangguan kecemasan dan mengalami panick attack, karena dalam kehidupan nyata hal tersebut terjadi pada banyak orang dan tidak perlu dipendam.

Tokoh Kate yang juga merasa malu akan tubuhnya yang gemuk pun beberapa kali menunjukan gejala eating disorder. Melalui serial ini, kamu yang memiliki pengalaman sama dengan tokoh-tokoh di serial ini dapat menjadi sumber penyemangat dan pengingat kalau kamu bukanlah satu-satunya di dunia ini yang mengalami hal tersebut.

3. Shameless

Shameless menceritakan tentang sebuah keluarga kelas bawah yang beranggotakan seorang ayah dan enam orang anak. Karena sang ibu sudah meninggal dan ayahnya yang seorang alkoholik, membuat putri sulungnya Fiona, harus banting tulang menghidupi adik-adiknya. Beberapa tokoh dalam Shameless memiliki masalah kesehatan mental, seperti diantaranya Sheila Jackson yang mengidap agorafobia (gangguan kecemasan yang membuat takutr akan tempat tempat dan situasi yang dapat membuat panik), serta Ian Gallagher yang memiliki gangguan bipolar. Melalui serial ini, kamu bisa mengetahui bahwa menunjukan atau memiliki gangguan kesehatan mental bukanlah hal yang memalukan, sebab hal tersebut bisa terjadi pada siapapun.

4. Girls

Serial Girls menceritakan kehidupan Hannah Horvarth yang diperankan oleh Lena Dunham. Hannah adalah seorang perempuan berusia 20-an yang berusaha untuk hidup mandiri tanpa dukungan finansial. Dalam Girls, Hannah digambarkan mengalami gangguan obsesif komplusif (OCD) akibat terlalu tertekan dengan pekerjaannya. Dengan menonton serial ini, kamu bisa tahu bahwa OCD bukan hanya sekadar rasa ‘gatal’ ketika melihat sesuatu yang  berantakan atau merasa risih saat sesuatu tidak ditata sesuai dengan urutan yang benar.

Apa Reaksi Kamu?