4 Trik Ampuh Cegah Kegerahan Saat Tidur
ilustrasi tidur ( Foto-thinkstock )

4 Trik Ampuh Cegah Kegerahan Saat Tidur

Kamis, 2 Agt 2018 | 16:11 | Muchdi

WinNetNews.com - Musim kemarau sudah menjalar ke beberapa daerah di Indonesia. Salah satu hal yang paling sering dikeluhkan saat musim kemarau adalah cuaca yang panas, bahkan di malam hari.

Kegerahan dan berkeringat saat tidur tentu bisa menurunkan kualitas tidur. Tidur tak nyenyak dan bangun dengan tubuh penuh keringat bisa membuat mood jelek seharian dan mengganggu produktivitas.

Dikutip dari situs detikHealth dari laman Mirror, Kamis (2/8/2018), Nah, 4 trik ini disebut ampuh untuk mencegah kegerahan saat tidur. Apa saja? berikut daftarnya.

1. Gunakan baju berbahan katun

Baju berbahan nilon memiliki pori-pori yang rekat, membuat kulit sulit tertutup dan rentan kegerahan. Karena itu, usahakan gunakan baju berbahan katun saat tidur.

Baju berbahan katun memiliki pori-pori yang renggang, membuat kulit bisa mendapat udara. Selain itu, baju berbahan katun juga mudah menyerap keringat sehingga tak bikin badan lengket.

2. Gunakan antiperspiran

Mungkin sedikit aneh menggunakan antiperspiran sebelum tidur. Namun menyumbat kelenjar keringat di bagian ketiak merupakan cara ampuh mencegah keringatan di malam hari.

Jangan lupa, bersihkan dulu bagian ketiak sebelum menggunakan antiperspiran saat akan tidur.

3. Hindari kopi dan makanan pedas          

Menghindari makanan pedas sama efektifnya dengan menghindari paparan sinar matahari untuk mencegah keringatan.

Di sisi lain, konsumsi kafein dari kopi membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak cairan, tak hanya lewat saluran kemih, namun juga kelenjar keringat di kaki, telapak tangan, dan ketiak.

4. Jaga ruangan tetap sejuk

Tak perlu AC untuk menjaga ruangan tetap sejuk. Cara termudah adalah dengan meletakkan sepiring es batu di depan kipas angin agar udara terasa sejuk.

Cara lain untuk menjaga ruangan tetap sejuk adalah menjaga temperatur tubuh tak meningkat. Hal ini bisa dilakukan dengan mencukupi kebutuhan cairan kamu.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...