4 Trik Bikin sambal Super Nikmat
trik bikin sambal nikmat. Foto: Istimewa

4 Trik Bikin sambal Super Nikmat

Jumat, 11 Mei 2018 | 08:38 | kontributor

WinNetNews.com - ORang Indonesia sudah sangat akrab dengan sambal. Berbagai macam sambal ada di Nusantara. Mengingat sambal adalah makanan rakyat yang pas disandingkan dengan beragam menu masakan nusantara, hampir tidak ada orang yang menolak untuk memakai sambal. Kecuali jika orang itu tidak menyukai rasa pedas. Tapi meskipun keliatannya mudah dibuat, kenyataannya tidak semua sambal yang dibuat oleh setiap orang rasanya bisa nikmat. Nah, kalau kamu salah satu dari orang yang sering gagal bikin sambal terasa nikmat, kamu wajib perhatikan tips dan trik berikut ini.

Jangan asal memilih bahan baku untuk membuat sambal

Kualitas dari bahan pembuat sambal, sangat menentukan rasa nikmat dari sambal. Bahan dasar yang baik mampu menghasilkan cita rasa sambal yang bikin ketagihan. satu lagi yang gak boleh kelewat, jangan lupa cuci semua bahan sampai bersih sebelum digunakan, untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang dapat mempengaruhi rasa sambal.

Sambal yang mendadak rasanya lebih nikmat

Sambal yang dadakan rasanya lebih nikmat. Jika sambal dibiarkan terlalu lama akan berair, kering, dan rasanya pun kurang enak. Sebagian orang berfikir kalau membuat sambal dengan jumlah yang banyak kemudian disimpan berhari-hari, terlihat lebih praktis. Tapi sebaiknya hindari hal ini. Jika kamu merasa kesulitan ketika menghaluskan sambal, sebaiknya potong-potong bahan pembuatan sambal terlebih dahulu sebalum diulek. Pastikan untuk selalu menggunakan cobek karena sambal yang dihaluskan menggunakan cobek akan terasa lebih sedap.

Masak bahan baku

Beberapa bahan baku sambal bisa dimasak terlebih dulu misalnya digoreng, dibakar atau disangrai. Tujuannya adalah untuk membuat rasa dan aromanya semakin keluar. Bumbu yang bisa disangrai antara lain lada, ketumbar, kemiri, jintan, wijen dan lada. Sementara bahan yang bisa digoreng adalah cabai, terasi dan bawang. Lalu beberapa bahan yang bisa dibakar adalah terasi, lengkuas, serai, jahe, kunyit dan lainnya. Tujuan dimasaknya bahan juga agar sambal tidak beraroma mentah.

Tambahkan minyak

Tambahkan minyak matang atau minyak jelantah jika tekstur sambal terlalu kental. Menambahkan minyak juga membuat sambal lebih gurih dan lezat. Gunakan minyak bekas menggoreng bawang agar sambal lebih wangi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...