(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

40% Anjloknya Harga, 6 Juta Bibit Ayam Dimusnahkan

Muchdi
Muchdi

40% Anjloknya Harga, 6 Juta Bibit Ayam Dimusnahkan

Jakarta – Untuk menstabilkan harga ayam di peternak yang saat ini sudah 40% di bawah harga pokok produksi (HPP). Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, menyepakati langkah pemusnahan 6 juta ekor bibit ayam.

Langkah ini ditempuh oleh 13 pengusaha unggas, karena sudah merugi akibat kondisi harga akibat pasokan berlebih. Padahal, harga ayam sempat melonjak pasca Idul Fitri karena stok di peternak berkurang.

"Memang saya akui sebagai pengusaha itu memang tidak lantas menjadi jaminan harga akan naik di atas HPP Rp 17.000/kg. Harga ini tetap yang menentukan pasar," jelas Ketua Gabungan Perusahaan Pembibitan Unggas (GPPU), Krissantono, kepada detikFinance, Selasa (15/9/2015).

Menurutnya, paling tidak langkah ini bisa memberi efek psikologis terhadap pasar perunggasan di dalam negeri.

"Pasar unggas tidak hanya soal teknis, ada faktor psikologis yang bisa menentukan harga. Kami ingin beri efek psikologis pasar. Juga jangan sampai peternak kecil rugi, termasuk peternak besar yang merugi miliaran hingga triliunan karena harga jatuh," ungkap Kris.

Menurut Kris, pemusnahan jutaan bibit ayam ini bukan pengalaman baru, ini lazim dilakukan oleh pengusaha. Bedanya, kali ini dilakukan bersama-sama dengan banyak perusahaan dalam jumlah besar.

"Pengafkiran bukan pengalaman baru. Cuma biasanya pengafkiran itu tidak dilakukan dalam jumlah besar dan dilakukan sendiri-sendiri. Ibarat bersih-bersih rumah, kalau dilakukan sendiri ya bersih, tapi kalau bersama-sama sekampung bisa bersih," terang Kris.

Kris menyampaikan, harga daging ayam di tingkat peternak saat ini sangat jauh di bawah HPP atau Harga Pokok Produksi.

"Harga daging ayam di peternak saat ini kisaran Rp 12.000-13.000/kg. Bahkan ada yang Rp 10.000/kg. Sementara HPP-nya Rp 17.000/kg. Bisa dibayangkan kerugian peternak Rp 5.000-7.000/kg dikali berapa juta ekor per minggu," paparnya.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});