40 Days in Europe The Movie

40 Days in Europe The Movie

Info apa yang telah anda ketahui mengenai angklung? Bahwa angklung telah ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia, alat musik tradisional Sunda, atau angklung akan diangkat dalam film? Mungkin yang terakhir masih terdengar asing. Film tentang angklung? Ya, bahkan bukan film dokumenter, melainkan sebuah drama.

Film ini berkisah tentang perjalanan sebuah grup angklung sekolah yang melakukan misi kebudayaan ke Eropa, tanpa biaya, selama 40 hari. Film yang diangkat dari kisah nyata ini sebelumnya hadir dalam bentuk buku memoar berjudul sama karya Maulana M. Syuhada.

Sebanyak 35 musisi remaja ini pun mengalami masalah demi masalah yang tidak tercerna akal. Dari hal paling konyol seperti terkunci di dalam toilet. Hingga yang mempertaruhkan reputasi, seperti ratusan angklung yang tertinggal di bandara.

Uniknya, sebagian dari dana pembuatan film ini akan dibiayai oleh masyarakat luas, dalam bentuk crowd funding. Belasan macam benda unik-eksklusif bernuansa bambu akan dibuat sebagai reward bagi masyarakat yang bersedia menyumbangkan dananya.

Walau masih dalam tahap pengembangan, dan direncanakan akan tayang akhir 2016 nanti. Tim angklung 40 Days in Europe sudah terbentuk sejak enam bulan lalu. Dan terus melakukan gebrakan dan sosialisasi untuk mengangkat angklung dalam ranah perbincangan nasional.

Penasaran dengan film ini? Mari kita bagikan info ini agar lebih banyak orang mengetahui dan mendukungnya. Hidup film Indonesia. (bicky)